PERANAN FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS GENERASI MUDA

Novita Rika Ulfana, Syamsul Ma'arif

Abstract


Dalam pendidikan, terdapat suatu hal yang sangat penting yaitu filsafat. Pendidikan sendiri tidak dapat dipisahkan dari moral setiap individu. Penanaman, pengembangan, dan pembentukan akhlak yang mulia dalam diri seseorang dikenal sebagai pendidikan moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana filsafat pendidikan berkontribusi pada pembentukan moralitas generasi muda, hubungan antara filsafat, pendidikan, dan moral. Kemudian, cara pendidikan mengubah perilaku manusia, pentingnya pendidikan dan apa yang menyebabkan generasi muda mengalami krisis moral. Metode penelitian yang digunakan adalah peninjauan literatur jurnal, yaitu pencarian literatur internasional dan nasional dengan menggunakan Google Cendekia dan Science Direct. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukan pendekatan pendidikan efektif yang berorientasi pada nilai-nilai luhur kemanusiaan untuk mengatasi krisis moral yang dihadapi generasi muda. Oleh karena itu, pendidikan moral diharapkan dapat menghasilkan individu yang tidak hanya berpengetahuan, tetapi juga bermoral dan sesuai dengan norma dan harkat kemanusiaan.

Kata Kunci: filsafat, pendidikan, moral


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v13i3.21064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats