PERANAN FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS GENERASI MUDA
Novita Rika Ulfana, Syamsul Ma'arif
Abstract
Dalam pendidikan, terdapat suatu hal yang sangat penting yaitu filsafat. Pendidikan sendiri tidak dapat dipisahkan dari moral setiap individu. Penanaman, pengembangan, dan pembentukan akhlak yang mulia dalam diri seseorang dikenal sebagai pendidikan moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana filsafat pendidikan berkontribusi pada pembentukan moralitas generasi muda, hubungan antara filsafat, pendidikan, dan moral. Kemudian, cara pendidikan mengubah perilaku manusia, pentingnya pendidikan dan apa yang menyebabkan generasi muda mengalami krisis moral. Metode penelitian yang digunakan adalah peninjauan literatur jurnal, yaitu pencarian literatur internasional dan nasional dengan menggunakan Google Cendekia dan Science Direct. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukan pendekatan pendidikan efektif yang berorientasi pada nilai-nilai luhur kemanusiaan untuk mengatasi krisis moral yang dihadapi generasi muda. Oleh karena itu, pendidikan moral diharapkan dapat menghasilkan individu yang tidak hanya berpengetahuan, tetapi juga bermoral dan sesuai dengan norma dan harkat kemanusiaan.