STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM PENGUATAN LITERASI MELALUI PENGEMBANGAN LINGKUNGAN KAYA TEKS

Rudianto Rudianto, Harjito Harjiro, Rasiman Rasiman

Abstract


Kemampuan literasi yang baik tidak hanya berkontribusi pada pemahaman membaca dan menulis, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan strategi formulasi, implementasi, dan pengendalian program penguatan literasi siswa melalui pengembangan lingkungan kaya teks di SD Negeri 05 Beji. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi telah berhasil meningkatkan minat baca dan pemahaman literasi siswa secara signifikan. Keberhasilan ini didukung oleh perencanaan yang matang, pemanfaatan sumber daya yang optimal, serta keterlibatan aktif guru, siswa, dan orang tua. Implementasi program berjalan efektif melalui berbagai metode, seperti pojok baca di setiap kelas, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran literasi, serta kegiatan ekstrakurikuler literasi yang menarik. Evaluasi program dilakukan secara berkala, memungkinkan sekolah untuk terus melakukan perbaikan berdasarkan data dan umpan balik dari berbagai pihak. Dengan adanya strategi yang terstruktur dan berkelanjutan, program ini berhasil menciptakan budaya literasi yang kuat di lingkungan sekolah. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa pengembangan lingkungan kaya teks dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan literasi siswa dan dapat direplikasi di sekolah lain. Namun, Sekolah perlu meningkatkan Optimalisasi Implementasi Program diantaranya Meningkatkan akses sumber daya literasi, baik dalam bentuk buku cetak maupun digital, melalui kemitraan dengan penerbit, perpustakaan daerah, dan program donasi, Memperkuat pelatihan guru dalam strategi pengajaran literasi berbasis teknologi dan metode membaca interaktif agar kegiatan lebih menarik dan efektif, Mendorong keterlibatan siswa secara aktif, misalnya dengan program "Duta Literasi" yang melibatkan siswa sebagai agen perubahan dalam membangun budaya literasi di sekolah.


Keywords


literasi; lingkungan kaya teks; strategi implementasi; keberhasilan program

Full Text:

PDF

References


Akdon. 2011. Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Amiruddin Siahaan dkk., Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Ciputat: Quantum Teaching Ciputat Press Group, 2006), 115

Aslam, O. N., Muspawi, M., & Mulyadi. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2022). Hasil PISA 2022: Posisi Indonesia di Tingkat Global. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. (2019). Hasil Studi Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

David, F. R. (2011). Strategic Management: Concepts and Cases (Edisi 12). Jakarta: Salemba Empat.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, (Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2008),1340.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Destari, D. (2021). Manajemen Strategi Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Faizah, D. U., Satriawan, M., Priyanto, A., & Karim, R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2020). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016, Desember). Peringkat dan capaian PISA Indonesia mengalami peningkatan. Diakses pada 22 Desember 2024, dar https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan

Khakima, N., Zahra, F., Marlina, R., & Abdullah, A. (2021). Hubungan Literasi dengan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa. Yogyakarta: Penerbit Edukasi Nusantara.

Kholis, N. (2018). Manajemen Strategi Pendidikan: Formulasi, Implementasi, dan Pengawasan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 1-15.

Miles, Matthew B, dkk. 2019. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook London: SAGE.

Musliman, M., Ariffin, A., & Din, M. (2013). Title of the article on literacy.

Nanang Fatah (2004), Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) &Dewan Sekolah, Bandung: Bani Quraisy.

Nugraha, A. (2018). Manajemen Strategi: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Uswatun Hasanah (2020). Gerakan Literasi Sekolah serta Implementasinya di Sekolah Dasar. Jakarta : Balai Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud.

Pidarta, Made. 1995. Peran Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS). (2022). Data Hasil PIRLS 2022: Kinerja Membaca Siswa Indonesia. Amsterdam: International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

Rohim, A. H., Rahmawati, E., & Ganestri, S. (2021). Pentingnya Literasi Numerasi dalam Penentuan Kualitas Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Pendidikan Nasional.

Sari, D., Riyanton, R., & Wijayawati, W. (2020). Minat baca dan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(3), 275-290.

SDN 01 Beji. (2023). Laporan Rapor Pendidikan: Peningkatan Elemen Literasi Tahun 2023. Semarang: SDN 01 Beji.

SDN 05 Beji. (2023). Laporan Rapor Pendidikan: Peningkatan Elemen Literasi Tahun 2023. Semarang: SDN 05 Beji.

Simorangkir, D., dalam Ahmad, N. (2020). Manajemen Strategi.

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina, N. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukeksi, A. (2022). Pengaruh lingkungan kaya teks terhadap minat baca dan keterampilan menulis narasi peserta didik SD di Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 1-15.

Tim Peneliti Universitas Islam Malang. (2021). Lingkungan kaya teks dan dampaknya terhadap pengembangan budaya literasi di sekolah. Jurnal Pendidikan Literasi, 7(2), 112-128.

Tim Peneliti Universitas Negeri Yogyakarta. (2020). Gerakan literasi sekolah dan lingkungan kaya teks di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 1-15.

Tim Peneliti Universitas Negeri Yogyakarta. (2020). Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(2), 89-102.

UNESCO. (2013). Global education monitoring report 2013/4: Teaching and learning: Achieving quality for all. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Widodo, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan dan Kehidupan Sehari-hari. Yogyakarta: Penerbit Widya Karya.

Zainal, A. (2020). Peran Kepala Sekolah sebagai Pemimpin dalam Program Literasi dan Numerasi. Malang: Literasi Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v14i1.22479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd.
Phone:  +6281326610478
Email: [email protected]

View JMP Stats