MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS INDUSTRI 4.0 PADA KONSENTRASI KEAHLIAN DESAIN DAN PRODUKSI BUSANA SMK NEGERI 1 KARANGDADAP KABUPATEN PEKALONGAN

Tri Yuliawan Susanto, Yovitha Yuliejantiningsih, Rasiman Rasiman

Abstract


Industri 4.0 menuntut SMK menyesuaikan diri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan industri. Pemerintah merespons dengan kebijakan kurikulum berbasis industri 4.0, peningkatan fasilitas, dan kurikulum yang selaras dengan dunia kerja. SMK Negeri 1 Karangdadap telah menerapkan kurikulum ini sejak 2021 untuk meningkatkan kesiapan siswa. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan, evaluasi kurikulum berbasis industri 4.0 pada Konsentrasi Keahlian Desain dan Produksi Busana SMK Negeri 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari berbagai informan. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, dengan validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan secara kolaboratif dengan industri agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Pelaksanaan kurikulum mengintegrasikan teknologi, metode pembelajaran berbasis proyek, serta kerja sama industri melalui TeFa dan magang. Evaluasi dilakukan melalui pemantauan dan supervisi, dengan hasil menunjukkan peningkatan penyerapan lulusan di dunia kerja. Meski demikian, masih terdapat tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan kesiapan guru dalam pembelajaran digital.


Keywords


manajemen kurikulum; industri 4.0; desain produksi; busana

Full Text:

PDF

References


Baitullah, Muh. J. A., & Wagiran, W. (2019). Cooperation between vocational high schools and world of work: A case study at SMK Taman Karya Madya Tamansiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 280–293. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27719

Blömeke, S., Gustafsson, J.-E., & Shavelson, R. J. (2015). Competence and performance in educational context. Educational Research Review, 15, 1-7.

BPS. 2023. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Gatiningsih, Widya. (2020). Fektifitas Pelaksanaan Sistem Blok Pada Pembelajaran Teaching Factory Di Smk. e-Journal Volume 09 Nomor 3 Tahun 2020. Edisi Yudisium Periode November 2020. Hal 128- 8-13 https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v9i03.36376

Heru, N., & Hadi, S. (2018). Growth of entrepreneurship influenced by experience of field work practices. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 54–61.

Hidayati, Arina dkk. 2021. Kesesuaian Kompetensi Lulusan SMK dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 9, Number 2, Tahun 2021, pp. 284-292 P-ISSN: 2354-6107 E-ISSN: 2549-2292 Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU.

Kristiawan, Safitri, Lestari. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Nasbi, Ibrahim.2017. Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 2, Desember 2017.

Pambudi, Ika Prasetyani and Prasojo, Lantip Diat. 2019. Manajemen Kurikulum Tata Kecantikan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta Dan SMK N 6 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi No. 35 Tahun 2022 tentang Bantuan Pengembangan SMK Berbasis Industri 4.0 Tahun 2023.

Prawiyogi, A. G., & Toyibah, R. A. (2020). Strategi peningkatan kompetensi mahasiswa melalui model sertifikasi kompetensi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(1), 78– 86.

Rahdiyanta, D., Nurhadiyanto, D., & Munadi, S. (2019). Curriculum development model for the industrial needs. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1), 012049.

Rohmah, S., & Suharto, A. (2022). Strategi penyerapan tenaga kerja lulusan SMK di era digital. Jurnal Pendidikan dan Pekerjaan, 8(1), 45-58.

Saroni, M. (2017). Sertifikasi Keahlian Siswa: Strategi Mempersiapkan dan Meningkatkan Sumber Daya Manusia Secara Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183-193. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Triwahyudi, J. (2020). Manajemen Kemitraan Sekolah dan Dunia Industri Dalam Penyerapan Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4323

Vaporizki, Sari. 2017. Manajemen Kurikulum Berbasis Industri Kreatif Pada Kompetensi Keahlian Kriya Kratif Logam dan Perhiasan SMKN 12 Surabaya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol. 2

Walsiyam. 2022. Manajemen Pembelajaran Kelas Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara di SMK. Media Manajemen Pendidikan. Volume 5 No. 1 Juni 2022 p-ISSN: 2622-772X e-ISSN: 2622-3694 diakses pada 20 Januari 2024 di http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp.

Wibawa, B. (2017). Manajemen Pendidikan Teknologi Kejuruan dan Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 1-12. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.12416

Widianto, S. (2020). Implementasi program link and match di Sekolah Menengah Kejuruan: Solusi kesenjangan kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 123-130.

Widiatna, Alexius Dwi. (2019). Teaching Factory Arah Baru Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Jakarta: Pustaka Kaji.




DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v14i1.22483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd.
Phone:  +6281326610478
Email: [email protected]

View JMP Stats