PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Siti Nurul Khalimah, AT Soegito, Nurkolis Nurkolis

Abstract


Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran menekankan pada komponen-komponen yang terkait dengan pembelajaran, kurikulum, penilaian, pengembangan guru, layanan prima, dan pembangunan komunitas belajar disekolah. Kompensasi membantu dalam memberi penguatan dan memfasilitasi pencapaian tujuan organisasi. Kinerja guru adalah kemampuan guru secara kualitas dan kuantitas dalam menjalankan tugasnya untuk mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pengaruh kepemimpinan visionerterhadap kinerja guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tembalang, (2) mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tembalang, (3) mengetahui pengaruh dari kepemimpinan visionerkepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tembalang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Variabel dalam penelitian ini adalah (1) kepemimpinan visioner, (2) kompensasi, dan (3) kinerja guru Taman Kanak-kanak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan  niai t hitung sebesar 13,291 dan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru yaitu sebesar 73,1%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompensasi terhadap kinerja guru dengan  niai t hitung sebesar 12,358 dan taraf signifikan 0,000< 0,05. Besarnya pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru yaitu sebesar 70,1%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kompensasi secara simultan terhadap kinerja guru dengan  niai F hitung sebesar 112.907 dan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan ada pengaruh secara simultan kepemimpinan visioner dan kompensasi terhadap kinerja guru. Kepemimpinan visioner dan kompensasi secara bersama-sama mempengaruhi kinerja guru sebesar 77,9% sementara sisanya sebesar 48% dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Disarankan meningkatkan kepemimpinan visionernya yang berkaitan dengan kemampuan melihat  situasi  yang  akan  terjadi  di masa  mendatang,  membuat  kebijakan sesuai  dengan  kebutuhan  masyarakat  atau konsumen,  mampu  memecahkan  masalah yang  meliputi  peluang,  hambatan  dan tantangannya,  bervisi  baik  dan  mampu mengkomunikasikannya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) Indexed by:

    

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6285600316957
Email: jmp@upgris.ac.id

View JMP Stats