PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN KPK DAN FPB MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CANVA FOR EDUCATION KELAS V SDN 02 GEBANGKEREP KECAMATAN SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN
Abstract
Skill dalam pemecahan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan menentukan nilai KPK dan FPB suatu bilangan sangat penting dikuasai oleh setiap peserta didik karena materi ini berhubungan erat dengan kehidupan sehari – hari yang perlu dipecahkan oleh peserta didik. Oleh karena itu pembekalan ilmu matematika sebagai bekal hidup sangat dibutuhkan oleh setiap peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Gebangkerep dengan jumlah 12 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui instrumen penelitian dengan menggunakan lembar soal dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik simpulan keterampilan guru dalam pembelajaran meningkat dilihat dari silklus I memperoleh 66 % dan dalam siklus II meningkat menjadi 83 % Dengan metode pembelajaran langsung dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dalam menentukan KPK dan FPB melalui penggunaan media canva for education kelas V SDN 02 Gebangkerep Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari pembelajaran siklus I dengan nilai rata – rata kelas pada tes formatif sebesar 75 dan persentase ketuntasan belajarnya 66 % meningkat tajam pada siklus II dengan nilai rata – rata kelas menjadi 85 dan dengan presentase ketuntasannya 83%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitriani Nur. 2022. “Pengembangan Pembelajaran Matematika”. Yogyakarta:
PT. Nas Media Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Pembelajaran_Matematika/tESHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1. Diakses pada tanggal 01 Pebruari 2024.
Jayanti dkk. 2020. Analisis Self Regulated Learning di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sambisari. Yogyakarta.
Magdalena, Ina, dan PGSD 4G. 2021. Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran SD. Sukabumi: CV. Jejak.
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol.2 No.3, 441.
Putri, D. N., Islamiah , F., Andiri, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora Vol.2 No.2, 367.
Rasyid, Irsan. 2018. “Manfaat Media dalam Pembelajaran”. “Axiom”, Vol. VII, No. 1, Januari-Juni 2018.
Samidi dan Istarani. 2016. Kompetensi & Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dan Matematika. Jakarta : LARISPA.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Supriyadi Supriyadi, Mei Fita Asri Untari, Khusnul Fajriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.