MEDIA PEMBELAJARAN “JAPRIAN” JARI PINTAR PERKALIAN BILANGAN ASLI KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Amalia Olvy Apriliani, Kartinah Kartinah, Husni Wakhyudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep perkalian dengan cara yang lebih visual dan interaktif dan meningkatkan pembelajaran yang menarik dan tidak monoton dengan menggunakan media pembelajarran konkret di SD Muhammadiyah 17 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan ADDIE, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian yaitu, menghasilkan produk media pembelajaran “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian Bilangan Asli pada siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 17 Semarang. Untuk menguji media tersebut membuthkan validasi dari ahli media dan ahli materi, hasil dari validasi media memperoleh persentase 93,75% sedangkan hasil dari validasi ahli materi memperoleh persentase 100%. Kemudian untuk menguji keberterimaan media “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian dengan melihat hasil angket tanggapan siswa dan tanggapan guru, angket tanggapan siswa memperoleh persentase sebanyak 85,7% dan angket tanggapan guru memperoleh persentase sebanyak 100%. Sedangkan hasil implementasi media pembelajaran “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian dapat dilihat dari latihan soal yang sudah siswa kerjakan dengan menunjukan hasil presentase sebesar 78,2% siswa dengan nilai 100 dan 34,2% siswa dengan nilai 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian layak, valid, dan dapat diterima baik untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas 3 Sekolah Dasar. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif guru dalam mengajar.Kesimpulannya produk media pembelajaran “JAPRIAN” Jari Pintar Perkalian  yang dikembengkan termasuk dalam kriteria sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi perkalian 6 sampai 9.


Keywords


Media, JAPRIAN, Multiplication.

Full Text:

PDF

References


Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622.

Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran matematika sekolah dasar menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian.

Cahyadi, F., & Wakhyudin, H. (2020). Analisis kesulitan siswa kelas ii sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi perkalian dan pembagian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 183-190.

Falahudin, I. (2017). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Kedokteran

Guntur, M., & Robyyani, L. (2021). Penggunaan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Perkalian. PERISKOP: Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 56-63.

Inayati, U. (2022, August). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293-304).

Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan konsep perkalian menggunakan media rak telur rainbow pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512-519.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Nurhayati, N. (2018). Pemilihan media pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Putri, N. E. N., & Rahmawati, I. PENGEMBANGAN MEDIA “JAPRIAN” JARI PINTAR PERKALIAN 6 SAMPAI 10 BERBASIS ANDROID BAGI SISWA SEKOLAH DASAR.

Qurotu'Aini, L., & Marhaeni, N. H. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian pada Siswa SD. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 446-458.

Saputri, R. D., Kartinah, K., & Sukini, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Desimal Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 12156-12166.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1).

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1).

Utami, R. P. (2017) Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Dharma Pendidikan, 12(2), 62-81.

Yuliana, N. D., & Budianti, Y. (2015). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 34-40.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Amalia Olvy Apriliani, Kartinah Kartinah, Husni Wakhyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.