PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DIGITAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis karakter media cerita bergambar digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN 1 Tunahan Jepara. (2) Menganalisis kevaidan dan kepraktisan media cerita bergambar digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN 1 Tunahan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media cerita bergambar digital pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III hanya sampai pada tahap uji coba lapangan awal bersama guru. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SDN 1 Tunahan pada 27 juli 2024. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu media cerita bergambar digital pada pembelajaran bahasa Indonesia menjadi salah satu pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai referensi guru untuk pendamping buku guru saat memberikan materi kepada siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmazaki. (2009). Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Jurnal Artikulasi , 8(2), 434–452.
Asyhar, R, (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Dewi, D. T. (2022). Pengembangan Media Cerita Bergambar Tentang Penjajahan Belanda untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 581–590.
Faizah, N., Listyarini, I., & Murdhiati, E. (2023). Pengembangan Media Cerita Bergambar Digital pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas 5 SDN Kalicari 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3819–3825.
Istianto, J. A., Margana, D., Sn, M., Wahyudi, A. T., & S, M. (2015). Perancangan Buku Cerita Bergambar Yang Menunjukan Moral Dari Kisah Kehidupan Liu Bei. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 12.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.
Khairunnisaa, S., Kartono, K., & Salimi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SD. As-Sabiqun, 5(4), 1087–1101.
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65–73.
Munandi, Y. (2013). Media Pembelajaran; sebuah pendekatan baru.
Pengembangan, A. M. (2019). Gambar 1. Model Penelitian Pengembangan (Borg & Gall, 1983). 10.
Setyawan, D. A. (2014). Hipotesis (Handout Metodologi Penelitian). Buku Ajar Metodologi Penelitian: Konsep Pembuatan Karya Tulis Dan Tesis Untuk Mahasiswa Kesehatan, 1–14.
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. In Mahesa (Vol. 1, Issue 1).
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Urip Purwono. 2008. “Bahan Sosialisasi Standar Penilaian Buku Teks Pelajaran TIK.”
Wulandari, M., & Satriyani, F. Y. (2023). Pengembangan Buku Digital Cerita Bergambar Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3)
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sekar Bowo Langit, Ikha Listyarini, Filia Prima Artharina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.