KEEFEKTIFAN PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS II B DI SD NEGERI GAYAMSARI 02 SEMARANG

Febyana Putri Pratama, Ervina Eka Subekti, Duwi Nuvitalia

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya program literasi untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Penerapannya di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya minat membaca para peserta didik dan siswa yang belum terbiasa dengan program literasi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan program literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik kelas II B di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II B tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel berjumlah 26 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa data akhir dengan uji Paired Samples t-test. Hasil penelitian analisis angket minat baca siswa menunjukkan bahwa program literasi ini dengan minat baca masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan uji Paired Samples t-test diperoleh berdasarkan pada tabel diketahui dengan nilai signifikansi p= 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti program literasi efektif dalam meningkatkan minat baca siswa termasuk siswa kelas II B di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang.


Keywords


Literacy program, reading interest, SD N Gayamsari 02 Semarang

Full Text:

PDF

References


April, O. A. L., Untari, M. F. A., & Subekti, E. E. (2023). ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1393-1407.

Asmarani, R. W., Subekti, E. E., & Purnamasari, V. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2652-2656.

Axford, B. (2009). Scaffolding Literacy.Victoria: Accer Pres

Balista, A., & Nuvitalia, D. (2023). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Silent Reading Menggunakan Media Cerita Rakyat. JANACITTA, 6(2), 115-123.

Farida, Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanti, N. M., Patonah, S., & Subekti, E. E. (2024). ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN GERAKAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI NGURENREJO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 612-623.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Triatma, Nur Ilham. (2016). Minat baca pada kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. Vol. (5). No. 6, hal. 172-173.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Febyana Putri Pratama, Ervina Eka Subekti, Duwi Nuvitalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.