ANALISIS ANIMASI UPIN DAN IPIN “KOYAK TASBIH OPAH” SEBAGAI PENANAMAN KARAKTER SISWA
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah banyaknya paparan dari media seperti televisi, game, internet, maupun sosial media yang mempengaruhi perkembangan karakter anak baik itu positif maupun negatif. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III serta observasi dengan beberapa siswa kelas III, masih terdapat siswa yang belum mencerminkan karakter baik seperti suka mengolok – olok, pilih – pilih teman dan berkata yang tidak pantas. Dari permasalahan tersebut diperlukan adanya media sebagai penanaman karakter salah satunya animasi kartun. Tetapi tidak semua animasi kartun sesuai untuk anak, sehingga diperlukan analisis konten terkait isi dari animasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai – nilai karakter yang terdapat dalam animasi Upin dan Ipin episode “Koyak Tasbih Opah” dan mengetahui animasi tersebut dalam menanamkan karakter siswa kelas III SD N Mintomulyo. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan datanya melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam animasi Upin dan Ipin episode “Koyak Tasbih Opah” terdapat sepuluh nilai karakter yaitu karakter jujur, kreatif, rasa ingin tahu, religius, bersahabat dan komunikatif, peduli lingkungan, toleransi, tanggung jawab, kerja keras dan disiplin. Animasi tersebut dalam menanamkan karakter siswa kelas III didapat melalui perilaku, sikap, maupun perkataan tokoh, serta alur cerita dalam animasi tersebut yang memuat nilai – nilai karakter baik ketika siswa kelas III menonton tayangan tersebut. Nilai – nilai karakter tersebut dapat ditanamkan pada siswa kelas III agar karakter mereka menjadi ke arah yang lebih baik.
Keywords
Animasi Kartun, Penanaman Karakter
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Ita Istiqomah, Husni Wakhyudin, Muhammad Yusuf Setia Wardana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.