Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa Berkebutuhan Khusus
Abstract
Permainan yang melibatkan aktifitas fisik di SD LB Negeri 1 Palu terlihat tidak variative sehingga siswa tidak begitu termotivasi melakukan karena jenis permainan yang dilakukan masih bersifat konvensional sehingga membutuhkan hal baru. Pengabdian yang bertujuan untuk mensosialisasikan permainan ular tangga yang telah di modifikasi isi dari kolom media permainannya. Metode yang digunakan secara garis besar adalah sosialisasi dengan 4 tahapan yaitu koordinasi dengan pihak terkait, pelaksanaan sosialisasi, praktik permainan, evaluasi dan tindak lanjut. Hasil kegiatan menunjukkan pemahaman dan praktik yang dilakukan oleh peserta sangat baik nilai rata-rata jawaban pada pre test untuk guru sebesar 67.4 dan siswa 34.2 sedangkan nilai pada post test mengalami peningkatan pemahaman dengan nilai rata-rata 97,5 pada guru dan 51,2 pada siswa. Kepala sekolah, guru dan siswa berharap kegiatan yang berbeda dapat dilakukan kembali di sekolah tersebut. Pemahaman siswa dan guru mengenai konsep permainan tersebut sangat baik sehingga dapat dilakukan dengan baik saat praktek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, F., Darussalam, H., & Faiza, N. (2022). Gambaran Tingkat Stres Pada Anak Sekolah Dasar. Lentera Perawat, 1(1), 43–48.
Aji, P. T., & Rizkasari, E. (2023). Efektifitas Terapi Afirmasi Positif Dan Relaksasi Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 4(2), 196–208. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6716
Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., Meitha Hasanah, S., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 465–471. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.66
Dwijayanti, K., Firdaus, M., & Yusuf, M. (2023). Aplikasi Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat pada Siswa SD. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8098506
Hasanudin, M. I., & Hasanudin, M. I. (2020). Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar. Deepublish.
Kurnia, A., Susanti, & Mangkuwibawa, H. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Bermain Peran Dengan Kecerdasan Emosional Anak. Jurnal Golden Age, 5(1), 14–22. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3076
Kurniawan, W. R., Hartono, M., Wijayanti, D. G. S., Billiandri, B., Utomo, S. J., & Sugiharto, M. S. (2022). Pengenalan Permainan Tradisional Melalui Kegiatan Indonesian Culture Week di Semarang Multinational School. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 3(2), 108–114. https://doi.org/10.26877/jpom.v3i2.13911
Ningrum, R. M., Wibowo, S., Majri, A., & Ulfah, M. (2022). Literature Review: Hubungan Terapi Bermain dengan Daya Konsentrasi pada Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Journal of Issues in Midwifery, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2022.006.01.1
Rapiatunnisa, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17–26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.423
Setiyawan, S., Kusuma Prastiwi, B., & Maharani Bachtiar, D. (2023). Sosialisasi Peraturan Taekwondo Kepada Komunitas Masyrakat Tridharma. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 4(2), 148–152. https://doi.org/10.26877/jpom.v4i2.17570
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1879&keywords=
Zahnnisa, U. H., Herlambang, T., Hadi, H., Fahmi, D. A., & Rohmansyah, N. A. (2023). PKM Pelestarian Permainan Tradisional. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 4(1), 45–49. https://doi.org/10.26877/jpom.v4i1.15428
DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i1.19078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Addriana Bulu Baan, Gunawan Gunawan, Ikhwan Abduh, Andi Saparia
Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.