PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGUBAH BENTUK PECAHAN MELALUI METODE DISKUSI DI KELAS VI SD NEGERI BINTORO 16 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sri Niswati

Abstract


Hasil tes formatif diketahui bahwa kriteria ketuntasan klasikal baru mencapai 25% hal ini berarti bahwa siswa belum mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan yaitu kriteria ketuntasan minimal 63 dan kriteria ketuntasan klasikal minimal 63%. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran Matematika tentang mengubah bentuk pecahan di kelas VI Semester 2 SD Negeri Bintoro 16.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Bintoro 16 Demak Tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes dan observasi. Sedangkan analisis data meliputi data kualitatif dan data kuantitatif.

Berdasarkan analisis data penelitian hasil tes formatif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat diketahui dari hasil tes siklus I sebesar 55% dan siklus II sebesar 85%, ada peningkatan sebesar 30% dan batas tuntas belajar secara klasikal yang memperoleh nilai lebih dari 63 lebih dari 63%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 MALIH PEDDAS



MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

   

 


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats