ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KESULITAN BELAJAR MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD N 3 KALIREJO KABUPATEN KENDAL

Winda Noer Diana, Sukamto Sukamto, Intan Rahmawati

Abstract


Kesulitan belajar siswa pada materi bangun ruang dapat dilihat dari rendahnya nilai siswa kelas V pada materi bangun ruang khususnya kubus dan balok kurang memuaskan karena lebih dari 50% hasil belajar siswa mendapatkan nilai di bawah rata-rata dibanding materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Kemampaun Penalaran Matematis dan Kesulitan Belajar Siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang Kelas V di SD N 3 Kalirejo Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Proses pengumpulan Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil observasi, wawancara mendalam, hasil tes dan dokumen yang diolah menjadi kata-kata

Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar kemampuan penalaran matematis dari 20 subjek adalah 10 siswa telah memiliki penalaran matematis yang baik dan 10 siswa lainnya memiliki penalaran matematis yang cukup. Tingkat kesulitan tertinggi siswa terletak pada menyelesaikan soal mengenai volume kubus dengan kubus satuan



DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v12i2.13192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats