PENCAPAIAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA
Abstract
Penguasaan ketrampilan berbicara pada siswa sangat penting karena dengan siswa terampil dalam berbicara baik melalui dialog antar personal, maupun berbicara di depan khalayak ramai akan menambah kepercayaan diri.Ketrampilan berbicara sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan global . Siswa yang lemah dalam kemampuan berbicara akan kesulitan dalam menghadapi persaingan global. Penggunaan media audiovisual dalam dunia pendidikan telah membawa manfaat yang signifikan dalam pengembangan keterampilan berbicara siswa. . Untuk mencapai kualitas pembelajaran yang optimal, penting untuk menggabungkan penggunaan media audio visual dengan strategi pengajaran yang tepat. Secara keseluruhan, artikel ini menekankan pentingnya penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berbicara siswa. Artikel ini bertujuan menjelaskan bagaimana penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Melalui contoh-contoh praktis seperti pidato, membaca puisi, serta bercerita, siswa dapat melihat dan mempelajari teknik komunikasi yang efektif. Selain itu, media ini membantu siswa memvisualisasikan konsep dan ide yang disajikan sehingga memudahkan pemahaman dan penyajian yang lebih terstruktur. Metode yang digunakan melalui kuesioner angket dan wawancara. Jumlah subjek penelitian adalah siswa kelas enam SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang sebanyak 63 siswa . Dari hasil angket diperoleh lebih dari 50% siswa lebih mudah memahami pembelajaran berbicara dengan menggunakan media audiovisual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan audiovisual dapat membantu meningkatkan ketrampilan berbicara pada siswa sekolah dasar.
Kata kunci : Pembelajaran, Audiovisual, Berbicara
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v14i1.15993
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com