UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDEKATAN PAIKEM MELALUI TEKNIK OBSERVASI KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DI SD JATINGALEH 01KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Etty Purwanti

Abstract


Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui apakah teknik observasi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan pendekatan PAIKEM di SD Jatingaleh 01 Kecamatan Candisari Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatanPenelitian Tindakan Sekolah. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor rata-rata kemampuan guru dalam mengimplementasikan pendekatan PAIKEM sebesar 4 dari data awal 16,10 meningkat menjadi 20,10 pada siklus I dan meningkat sebsar 5,10 pada siklus II menjadi 25,20. Data akhir skor rata-rata masuk dalam kategori baik. Jumlah guru yang dapat mengimplementasikan pendekatan PAIKEM dengan baik mengalami peningkatan dari 6, 10, 16. Data terakhir menunjukkan secara persentase jumlah guru yang dapat mengimplementasikan pendekatan PAIKEM dengan baik mencapai 80%.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 MALIH PEDDAS



MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

   

 


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats