PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI EDUKATIF (MOTIF) QR CODE BERBASIS STEAM PADA MATERI IPAS KELAS IV DI SDN KARABAN 02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa monopoli edukatif (MOTIF) QR code berbasis STEAM pada materi IPAS yang layak bagi siswa kelas IV di SDN Karaban 02. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran monopoli edukatif (MOTIF) QR code berbasis STEAM pada materi IPAS kelas IV dikatakan “Sangat Layak”, hal ini berdasarkan nilai persentase validasi oleh ahli media 97,4% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli materi 95% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan ahli praktisi guru 97,2% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil angket respon siswa mencapai nilai persentase 95,3% dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa media pembelajaran monopoli edukatif (MOTIF) QR code berbasis STEAM yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Karaban 02.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Monopoli Edukatif (MOTIF), QR Code, STEAM, IPAS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v14i1.18872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com