PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI ORGANISASI KELAS V SD BERUGENJANG KUDUS

Darmo Winoto

Abstract


Abstract Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas V SD Berugenjang Undaan Kudus cenderung peran guru lebih dominan dan meminimalkan peran siswa. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran  STAD           ( Student Teams Achievement Divisions) untuk membelajarkan materi organisasi sekolah pada siswa kelas V SD 1 Berugenjang Undaan Kudus. Atas dasar inilah perlu penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar PKn.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Berugenjang Undaan Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Suasana belajar dan peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran juga mempengaruhi keberhasilan belajar PKn.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i2.1912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 MALIH PEDDAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

   

 


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

PGSD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Phone: 081326210757 Fax. (024) 8448217
Email: fajarcahyadi.cahyadi@gmail.com

View Malih Peddas Stats