KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT PADA SISWA KELAS IV SD

Ika Setiawati Oktavia, Intan Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Think-Pair-Share pada materi sistem pemerintahan tingkat pusat kelas IV SD Negeri 05 Bojongbata dilihat dari: ketuntasan belajar, kemampuan kerjasama siswa, dan ada atau tidak perbedaan hasil belajar pembelajaran Think-Pair-Share dengan pembelajaran ekspositori pada materi sistem pemerintahan tingkat pusat kelas IV SD Negeri 05 Bojongbata.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelilitian ini menggunakan True Experimental Design (eksperimen yang betul-betul) yang berbentuk Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: metode wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi atau pengamatan. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,061 dan rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol sebesar 76,667. Pada ketuntasan klasikal, untuk kelas eksperimen didapatkan ketuntasan klasikal sebesar
t = 5,564 dan kelas kontrol didapatkan ketuntasan klasikal sebesar t = 1,055. Melalui pembelajaran Think-Pair-Share, kemampuan kerjasama siswa kelompok eksperimen mencapai kategori baik dengan perolehan nilai klasikal 71. Dari hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 2,631 > ttabel = 1,9979 sehingga H0 ditolak dan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran Think-Pair-Share dan pembelajaran ekspositori. Jadi pembelajaran Think-Pair-Share lebih efektif dari pada pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan kerjasama dan hasil belajar materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SD Negeri 05 Bojongbata Pemalang tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: model think pair share, kemampuan kerjasama, dan hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v2i2.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

   

 


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats