MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN SERING MEMBACA DI PERPUSTAKAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER II

Michaila Dewi Roshitasari, Djariyo Djariyo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pada siswa sehingga menurunkan prestasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Clering. Kurangnya pengawasan guru dalam membimbing siswanya untuk membaca membuat siswa kurang maksimal menangkap ilmu yang diperoleh. Kegiatan sering membaca di perpustakaan menjadi salah satu alternatif pembelajaran untuk menciptakan rasa cinta terhadap kegiatan membaca sehingga siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang lebih luas, serta meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah dengan sering membaca di perpustakaan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia? (2) apakah dengan sering membaca di perpustakaan dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V semester II. Tujuan penelitian ini untuk mencapai ketuntasan belajar siswa serta meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya aspek ketrampilan membaca. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan tiga siklus.Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan cara observasi dan metode tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Clering Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I siswa yang dapat mencapai ketuntasan individu ada 8 orang sedangkan ketuntasan klasikal 40% dan rata-rata prestasi belajar 67,45. Siklus II siswa yang dapat mencapai ketuntasan individu ada 15 orang sedangkan ketuntasan klasikal 75% dan rata-rata prestasi belajar 78,1. Siklus III siswa yang dapat mencapai ketuntasan individu 18 orang sedangkan ketuntasan klasikal 90% dan rata-rata prestasi belajar 85,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan sering membaca diperpustakaan dapat meningkatkan (1) ketuntasan belajar siawa dan (2) prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: prestasi belajar, membaca, perpustakaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v2i2.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats