PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI

Tasyia Juliana Sunardi, Irine Kurniastuti

Abstract


Abstract

This study was derived by the needs of the children to develop their naturalist intelligence. The importance of this research is to make children knowing the state of nature through the process of direct observation and playing busy book. The aim of this research is to develop the media that suited for the characteristics of the children in early age and discover the quality of the busy book products as a media to develop naturalist intelligence in children aged 3-5 years old. The method used in this research was research and development (R&D). There subject used in this study were eight children who were involved in the busy book media trial. This study took data on the analysis of research needs in the Yogyakarta and Sleman areas and product trials carried out on a limited basis at Jalan Affandi, Gang Kuwera No. 14, Caturtunggal Depok, Sleman, Yogyakarta. Data processing in this study used descriptive-qualitative techniques. The results of this study were as follows. 1) The busy book media equipped with a guidebook developed was beneficial to develop naturalist intelligence in early childhood based on the steps in ADDIE, Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. 2) The quality of the busy book and guidebook media products was “very good”. Thus, it can be concluded that the busy book media and guidebooks developed had very good quality and were useful for early childhood

Keywords: Research and development, busy book media, naturalist intelligence.

 

Abstrak

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya membantu anak usia dini khususnya pada anak usia 3-5 tahun dalam mengembangkan kecerdasan naturalis menggunakan media permainan. Pentingnya penelitian ini agar anak dapat mengetahui keadaan alam melalui proses observasi secara langsung serta bermain busy book.  Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini dan  mengetahui kualitas produk media busy book untuk mengembangkan kecerdasan naturalis pada anak usia 3-5 tahun. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini 8 anak dilibatkan untuk uji coba media busy book. Penelitian ini mengambil data analisis kebutuhan penelitian di daerah Yogyakarta dan Sleman dan uji coba produk yang dilaksanakan secara terbatas di Jalan Affandi, Gang Kuwera No. 14, Caturtunggal Depok, Sleman, Yogyakarta. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Media busy book untuk mengembangkan kecerdasan naturalis pada anak usia dini dilengkapi dengan buku panduan dikembangkan berdasarkan langkah-langkah dalam ADDIE, Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. 2) Kualitas produk media busy book  dan buku panduan adalah “sangat baik”. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa media busy book dan buku panduan yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dan bermanfaat bagi anak usia dini. 

Kata kunci: Penelitian dan pengembangan, media busy book, kecerdasan naturalis


Keywords


Penelitian dan pengembangan, media busy book, kecerdasan naturalis

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Zulkardi. Aisyah, S., dkk. (2007). Pengembangan dan konsep dasar perkembangan anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Amaris, D. U., Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh media busy book terhadap kemampuan berhitung anak usia dini di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini. 4 (2). 8-17. Diunduh pada tanggal 11 Maret 2021, dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/12099/10500

Armstrong, T. (2009). Multiple intelligences in the classroom. Alexandria: ASCD.

Arsyad, A. (2003). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Branch, R.B. (2009). Instructional design: the ADDIE approach. USA: Springer New York Dordrecht Heidelberg London.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gardner, H. (2003). Kecerdasan (Multiple intelligences). Batam: Interaksara.

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui metode kunjungan lapangan (field trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9 (2). 267-284.

Karina, V. (2017). Smart practice book: membaca, menulis huruf, angka, dan kata. Jakarta: Cikal Aksara.

Khairi, H. (2018). Karakteristik pengembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna. 2 (2). 15-28.

Maryanti, S., Kurniah, N., Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui metode pembelajaran outing class pada kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia. 4 (1). 22-31. Diunduh pada tanggal 22 Maret 2021, dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3501/3478

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan busy book pada kosakata anak usia dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa. V (2). 146-155. Diunduh pada tanggal 7 April 2021, dari https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/185/156

Prasetyo, Justinus, R., & Andriani, Y. (2009). Melatih 8 kecerdasan majemuk pada anak dan dewasa. Yogyakarta: Andi of set.

Seldin, T. & McGrath, L. (2021). Montessori for every family. A practical parenting guide to living, loving, and learning. United States: DK Publishing 1450 Broadway.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan pemanfaatan busy book dalam mempercepat kemampuan membaca anak di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. 6 (1). 28-37. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2021, dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/8121

Utami, F. (2020). Pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4 (2). 551-558.

Utami, T. (2017). Penanaman kompetensi inti melalui pendekatan saintifik di PAUD Terpadu An-nuur. Yaa Bunayya: Jurnal pendidikan anak usia dini. 1(2). 91-100.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.11437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand