Analisis Kemampuan Gerakan Lokomotor Anak Melalui Permainan Enggrang Bathok Usia 3-4 Tahun

Jesiska Destiyani, Dwi Prasetiyawati, Purwadi Purwadi

Abstract


Abstract

The ability of locomotor movement is a movement to move the body in different ways, so it is indicated by the movement of the body from one place to another. Bathok hornbill is a traditional game passed down from the ancestors with natural products made of coconut shells that are easy to play together or individually and can be contested. The purpose of this study was to analyze the locomotor movement abilities of children through the bathok enggrang game. This type of research is qualitative research. The research method used is descriptive qualitative method. Data collection methods used were observation, interview and documentation. The validity of the data in this study by increasing the persistence in research, triangulation, discussion. Data analysis techniques are data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the locomotor movement ability of children through the bathok enggrang game at TPA Pena Prima Semarang resulted in different locomotor movement abilities of children from one another. This is because each child shows development according to their respective abilities. The suggestion that can be conveyed is that the teacher can support the development of the child's locomotor movement ability to develop optimally through learning bathok enggrang.

Keywords: locomotor motion, bathok enggrang game

Abstrak

Kemampuan gerakan lokomotor adalah gerakan untuk memindahkan tubuh dengan cara yang berbeda sehingga ditunjukkan dengan adanya perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Enggrang bathok adalah permainan tradisional yang turun temurun dari nenek moyang dengan buatan alami dari tempurung kelapa yang mudah dimainkan dalam bersama-sama atau individu dan dapat dilombakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan gerak lokomotor anak  melalui permainan enggrang bathok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dengan cara peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi. Tehnik analisis data berupa koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan gerakan lokomotor anak melalui permainan enggrang bathok di TPA Pena Prima Semarang mendapatkan hasil kemampuan gerakan lokomotor anak berbeda-beda satu sama lain. Hal tersebut dikarenakan, setiap anak menunjukkan perkembangan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru dapat mendukung perkembangan kemampuan gerakan lokomotor anak agar berkembang secara optimal melalui pembelajaran enggrang bathok.

Kata kunci: gerak lokomotor, permainan enggrang bathok


Keywords


gerak lokomotor, permainan enggrang bathok

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Hidayat, Arif. 2017. "Peningkatan aktivitas gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif menggunakan model permainan pada siswa sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.

Masruroh, Handariatul. 2017. "Hubungan Antara Permainan Tradisional Egrang Tempurung Kelapa Dengan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di TK Taman Indria 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018." Di akses 29 Juni 2020.

Muslihin, Heri Yusuf. 2018. "Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini." Jurnal Paud Agapedi.

Mastikawati. 2018. “Penggunaan Alat Permainan Edukatif Egrang Bathok Untuk Meningkatkan Pengembangan Motorik Kasar Anak di Raudhatul Athfal B Al-Athmar Muaro Jambi.” Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Nasirun, Muhammad. 2020. "Aplikasi Gerak Lokomotor Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Kelompok B1." Jurnal Ilmiah Potensia.

Rahayu, dkk. 2017. "Upaya Meningkatkan Ketangkasan Gerak Lokomotor Anak Melalui Permainan Ranjau Pintar pada Kelompok A TK An-Nur Kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2012/2013.” Semarang jurnal Penelitian PAUDIA. Di unduh pada tanggal 29 September 2019.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media

Rinasari, Evita. "Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Bathok Kelapa Pada Anak Kelompok B Di TK ABA Banjarharjo II Kalibawang Kulonprogo." Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta (2013).

Rofi'ah, Darojatir. 2019. “Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Batok Pada Kelompok B di TK Hikmah Tazkia Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.” Diss. IAIN SALATIGA.

Sahanah, S., & Aprianti, E. (2018). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Tradisional Boi-boian Pada Kelompok B Di TK Islam Rumah Ilmu Cimahi. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 24-29.

Saputri, V. A., & Purwadi, P. 2017. “Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada Kelompok B di RA Taqwal Ilah Semarang.” PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Sari, Arum. 2016. "Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Sebagai Potensi Lokal Untuk Kecerdasan Kinestetik Anak Pada Kelompok B Di TK Tunas Rimba 1 Sumbawa Semarang Tahun Ajaran 2016/2017." Semarang jurnal Penelitian PAUDIA. Di unduh pada tanggal 28 September 2019

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.13246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jesiska Destiyani, Dwi Prasetiyawati, Purwadi Purwadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand