UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI KEGIATAN MEMBATIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB-TK KHODIJAH 04 TEMBALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang yang mendorong penulis melakukan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan visual-spasial khususnya pada anak Usia 5-6 tahun di kelompok B. Anak anak kesulitan dalam mengungkapkan imajinasinya ke dalam suatu gambar.
Beberapa permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dalam mengvisualisasikan ide dangagasan pada anaka Kelompok B, anak belum mampu menghubungkan gambar dengan benda nyata, anak belum mampu menghubungkan benda di sekitarnya dengan warna. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Visual-spasial anak usia 5-6 tahun pada kelompok B Ayyub di KB-TK Khodijah 04 Tembalang.
Metode penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B, yang terdiri dari delapan anak, di Kecamatan Tembalang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif persentatif dan aktivitas anak-anak didik.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan Visual-spasial yang dicapai anak didik lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana kondisi awal kemampuan visual-spasial pada anak hanya mencapai 12,5%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui kegiatan membatik, pada siklus I mengalami peningkatan 50%, selanjutnya dilakukan penelitian ulang pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 87,5%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah
memenuhi target penelitian yaitu 80%. Disimpulkan bahwa melalui kegiatan membatik dapat meningkatkan kemampuan visual-spasial pada anak.
ABSTRACT
The background that encourages authors to do this research is the lack of visual-spatial ability especially in children aged 5-6 years in group B. Children difficulties in expressing his imagination into a picture. Some of the problems that occur in this research is the lack of ability to visualize the idea dangagasan in anaka Group B, children have not been able to connect the image with real objects, the child has not been able to connect objects around it with color. The objective of this research is to improve the visual-spatial ability of 5-6 year olds in group B Ayyub at KB-TK Khodijah 04 Tembalang.The research method is done by classroom action research. Research subjects are children aged 5-6 years group B, which consists of eight children, in Tembalang District. Data analysis technique used is descriptive qualitative percentage and activity of children. The result of the research shows that the visual-spatial ability achieved by the students is higher than the previous one where the initial condition of visual-spatial ability in children only reaches 12.5%, but after the classroom action research practice through the batik activity, in the first cycle has increased 50% , then re-examined in cycle II has increased by 87.5%, where the level of achievement is alreadymeet the research target of 80%. It was concluded that batik activity can improve visual-spatial ability in children.DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v7i1.2468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PAUDIA : JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats