Upaya Mengembangkan Perilaku Toleransi Pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rausyan Kids
Abstract
Abstract
The role of educators and parents is the main thing in instilling the value of tolerance in young children. It is at this time that it is appropriate to develop good character values, one of which is a sense of tolerance which can shape a child's character. The aim of this research is to develop better tolerant behavior in children at Rausyan Kids Kindergarten. The method used in this research is descriptive qualitative. Interviews, documentation and observation are the information gathering strategies used in this review. The technique is descriptive qualitative. The results of the research show that a tough personality can be formed through adaptation techniques in training, for example getting children used to not disturbing friends, giving food to friends, using play equipment alternately, lining up while washing their hands, being orderly in lining up. The obstacles encountered in creating AUD tolerant behavior in Rausyan Kids Kindergarten are when dealing with children with special needs and problems between parents and educators.
Keywords: Developing; Tolerance; Early Childhood
Abstrak
Peran pendidik dan orang tua merupakan hal utama dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini. Pada masa inilah yang tepat untuk mengembangkan nilai-nilai karakter yang baik salah satunya adalah rasa toleransi yang dapat membentuk karakter anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perilaku toleransi yang lebih baik pada anak-anak di Taman Kanak-kanak Rausyan Kids. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Wawancara, dokumentasi dan observasi adalah strategi pengumpulan informasi yang digunakan dalam tinjauan ini. Teknik yang dadalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian tangguh dapat dibentuk melalui teknik penyesuaian diri dalam latihan, misalnya membiasakan anak untuk tidak mengganggu teman, memberikan makanan kepada teman, menggunakan alat permainan secara bergantian, berbaris sambil mencuci tangan, tertib dalam berbaris. Hambatan yang ditemui dalam menciptakan perilaku toleransi AUD di TK Rausyan Kids adalah ketika menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus dan masalah di antara wali murid dan pendidik.
Kata kunci: Perilaku; toleransi; Anak Usia Dini
Full Text:
PDFReferences
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Psikologi Komunikasi Untuk Memaksimalkan Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–20. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive
Fadhillah, N. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(235), 245. https://doi.org/10.31219/osf.io/3j9qb
Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi PenelitiandanAplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hjerm, M., Eger, M. A., Bohman, A., & Fors Connolly, F. (2020). A New Approach to the Study of Tolerance: Conceptualizing and Measuring Acceptance, Respect, and Appreciation of Difference. Social Indicators Research, 147(3), 897–919. https://doi.org/10.1007/s11205-019-02176-y
Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dinidi Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.590
Janmaat, J. G., & Keating, A. (2019). Are today’s youth more tolerant? Trends in tolerance among young people in Britain. Ethnicities, 19(1), 44–65. https://doi.org/10.1177/1468796817723682
Jumiatmoko. (2018). Peran Guru dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i2.4033
Kurniasih, Ida, J. A. (2018). Menanamkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Dini Melalui Pola Pembiasaan (Studi Kasus Pada TK Meraih Bintang Pangandaran Jawa Barat). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(1), 10–27.
Moeliono, Anton M. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Nazir, M. (2009), Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/3525
Purwaningsih, E. (2016). Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2), 1699–1715. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17156
Sahal, M., Musadad, A. A., & Akhyar, M. (2018). Tolerance in Multicultural Education: A Theoretical Concept. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 115. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.212
Sipa, S. P. ; D. M. (2016). Upaya guru menumbuhkan sikap toleransi bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(6), 1–11.
Soraya, S. (2013). Studi eksperimen penggunaan media diversity doll dan media gambar sebagai penanaman sikap toleransi anak usia 4-6 tahun di raudhotul athfal 02 mangunsari semarang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2). https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9239
Sormin, D., & Rangkuti, F. R. (2018). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi Terpadu Mutiara Kota Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(2), 219. https://doi.org/10.24952/tazkir.v4i2.1107
Syam, Nur. (2009). Tantangan Multikulturalisme Indonesia: dari Radikalisme Menuju Kebangsaan. Yogyakarta: Kanisius.
Tabi’in, A. (2020). Pengenalan Keanekaragaman Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 137. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7246
Zain, A. (2020). Strategi Penanaman Toleransi Beragama Anak Usia Dini. Paud Lectura. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 97-111. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v4i01.498
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nabila Dwi Syahputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats