PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUNDURAN BLORA TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahunajaran 2017/2018. Bentuk penelitian adalah penelitian terapan dengan teknik kualitatif deskriptifdengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes mengerjakan soal uraian yang berkaitan tentang menulis pantun. Teknik nontes berupa data observasi kegiatan pembelajaran dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahun ajaran 2017/2018. Diketahui bahwa penerapan model picture and picture sangatlah tepat dan cocok dalam menulis pantun. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis pantun ialah 82 berada pada interval 75-84, yang termasuk dalam kategori baik. Nilai tersebut telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 75.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015 . Metode Penelitian
Kuatitatif dan Kualitatif dan R
& D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010.
Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: PT
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Menulis sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i1.10649
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang