PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTS N 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mustofa Ainul Yaqin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs N 1 Pati tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek kelas VII-C berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilakukan dengan cara memberikan tes menulis teks deskripsi, sedangkan teknik nontes dilakukan dengan observasi dan pembagian kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model STAD dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan keberhasilan data yang diperoleh persentase ketuntasan 96,9%. Dengan demikian, dikatakan bahwa model STAD dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang efisien untuk dilakukan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i2.11001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang