Penerapan Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Menganalisis Unsur Pembangun Puisi Melalui Microsoft Teams pada Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Pati Tahun Ajaran 2020/2021

Dewi Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil penerapan model Flipped Classroom dalam pembalajaran menganalisis unsur pembangun puisi pada peserta didik kelas X SMA N 2 Pati, dan mengetahui unsur-unsur pembangun puisi dalam pembelajaran pada peserta didik kelas X SMA N 2 Pati. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan angket peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Flipped Classroom dengan penyampaian materi podcast baru pertama kali digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Peserta didik mampu memahami materi dengan sangat baik dan peserta didik sangat antusias pada saat pembelajaran. Terdapat dua unsur puisi dalam penelitian ini. Dua unsur pembangun puisi tersebut unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik.

Full Text:

PDF

References


Maolidah, Irna Septiani, Toto Ruhimat, Laksmi Dewi. 2017. “Efektivitas Penerapan Model

Pembelajaran Flipped Classroom pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa”. Edutcehnologia, 3(2), halaman 160—170.

Prilla, Chikita Celine Putri, Asep Firdaus, dan Hera Wahdah Humaira. 2019. “Analisis Unsur

Pembangun dalam Kumpulan Puisi Segenggam Cinta untuk Sang Maha Cinta karya M

Saidati sebagai Bahan Ajar”. Pendidikaan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), halaman

—22.

Santyasa I Wayan.2017. “Model-Model Pembelajaran Inovatif”. Pendidikan Fisika, halaman

—16




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang