Penerapan Model Project Besed Learning Berbantuan Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Resensi Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Demak

Vina Astriningsih, Agus Wismanto, Azzah Nayla

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model project besed learning berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran menulis teks resensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Demak tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas XI MIPA 02. Teknik penggumpulan data menggunakan instrument tes dan nontes dalam bentuk observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yakni (1) model project besed learning berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh (2) hasil penerapan model project learning dalam kemampuan menulis resensi dalam kategori baik, yaitu dengan nilai rata-rata 85. (3) penilaian dilakukan sesuai dengan pedoman penilaian pembelajaran menulis resensi, dengan penilaian tertinggi 5 skor dan terendah 1 skor; (4) model pembelajaran dilaksanakan dengan langkah-langkah pembelajaran sesuai sintakmatik. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat diketahui bahwa penerapan model project besed learning berbantuan Google Classroom pada pembelajaran menulis resensi buku dalam kategori baik. Selain itu, nilai pembelajaran menulis resensi buku memperoleh hasil memuaskan.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang:

Unissula Press.

Baidowi, A., Sumarmi, & Amirudin, A. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis

Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa”. Pendidikan

Geografi, Vol.20, No.1, halaman 50.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sitepu, B. P. 2013. “Teknik Menyusun Resensi Buku”. Pendidikan Penabur, No. 20,

halaman 101.

Sutrisna, Deden. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan

Google Classroom” Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Vol.13 No.2, halaman




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang