Keefektifan Metode Think-Talk-Write Berbasis E-Learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Banjarharjo Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penyesuaian dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring akibat penyebaran virus Covid-19. Melihat kondisi itu, perlu upaya mengefektifkan pembelajaran oleh pendidik, salah satunya dengan penggunaan metode pembelajaran dan aplikasi pendukung yang sesuai. Termasuk dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA N 1 Banjarharo Brebes tahun pelajaran 2020/2021. Metode dan aplikasi yang digunakan harus menyesuaikan kebutuhan dan tujuan belajar peserta didik yakni mampu mempergunakan metode dan aplikasi pendukung dengan baik.Metode dan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Think Talk Write dan aplikasi Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu teknik tes dan nontes. Berdasarkan analisis data, dapat dilihat dari pemerolehan hasil analisis uji t, yaitu terlihat thitung sebesar 2,984 yang ternyata lebih besar dari ttabel taraf signifikan 1% pada dk = 29 yaitu sebesar 2,75. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang diajukan diterima. Hal ini berarti bahwa metode Think Talk Write berbasis e-learning berbantuan aplikasi Google Classroom efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA N 1 Banjarharjo Brebes tahun pelajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Mubarok, Muhammad Zaki. 2020. “Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Puisi
Menggunakan Model Think Talk Write (TTW) Berbasis Media Gambar
Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten
Purbalingga Tahun Ajaran 2019/2020”. Sasindo. Volume 8 (2): 1—9.
Universitas PGRI Semarang.
Okmawati, Mike. 2020. The Use of Google Classroom During Pandemic. Journal
of English Language Teaching. Vol.1. No.2. Universitas Negeri Padang.
Pratama, Aditya Fian. 2014. “Keefektifan Penggunaan Strategi Think-Talk-Write
(TTW)Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X
SMA Negeri 6 Purworejo”. Skripsi diunduh di http://eprints.uny.ac.id
pada 21 April 2021 pukul 07.36 WIB.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung;
ALFABETA.
Suherli, dkk. 2016. Bahasa Indonesia: Buku Guru/ Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang