Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Caliestia Intan Purnamasari, Ambarini Asriningsari, Setia Naka Andrian

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye dan sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Penelitian ini mencari data yaitu kata, paragraph, kalimat, dan kutipan dialog dalam teks yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye. Berdasarkan hasil penelitian novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye terdapat nilai pendidikan karakter yang paling menonjol yaitu nilai religius dan nilai peduli sosial.dari 18 nilai pendidikan karakter terdapat 15 nilai pendidikan karakter yang ditemukan di dalam novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye. Kompetisi dasar yang digunakan dalam pembelajaran novel pada kurikulum 2013 untuk kelas XII yaitu KD 3.9 dan KD 4.9. KD tersebut sudah sesuai untuk dijadikan bahan ajar sastra di SMA.


Full Text:

PDF

References


Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:

Cuta Wacana University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang