Daya Pragmatik Tuturan Food-Vlogger Bara Ilham pada Saluran Youtube Tanboy Kun

Karisma Sari Wulandari, Ngatmini Ngatmini, Hadi Riwayati Utami

Abstract


The purpose of this research is to describe the form of food-vlogger Bara Ilham's speech on Tanboy Kun's youtube channel and to describe the pragmatic power of Bara Ilham's food-vlogger's speech on Tanboy Kun's youtube channel. The research method used is descriptive qualitative research. The source of the data used in this study is the impressions on the Tanboy Kun youtube channel. The data collection in this research is the listening method and note-taking technique. Data analysis used descriptive analysis by describing the pragmatic power of food-vlogger Bara Ilham's speech on Tanboy Kun's youtube channel. The presentation of the results of data analysis is done informally. Based on the results of the research conducted, it was found that 42 speech data were 4 locutionary utterances, 37 illocutionary utterances, and 1 perlocutionary utterance. Locutionary utterances are spoken in three modes of speech, namely declarative, interrogative, and imperative. Illocutionary utterances are spoken with speech activities, and perlocutionary utterances are uttered by giving effect to the speech partner to perform an action. Of the three types of speech, it is dominated by the use of expressive utterances as many as 10 utterances and 12 assertive utterances. Each speech contains pragmatic power, namely asking, suggesting, inviting, telling, stating, praising, insinuating, deciding, complaining, reminding. The pragmatic power that often appears is the expressive speech category of praise and there is an influence that is included in the type of perlocutionary speech which is characterized by a response accompanied by action.

ABSTRAK

Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud tuturan food-vlogger Bara Ilham pada saluran youtube Tanboy Kun dan mendeskripsikan daya pragmatik tuturan food-vlogger Bara Ilham pada saluran youtube Tanboy Kun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tayangan pada saluran youtube Tanboy Kun. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan daya pragmatik tuturan food-vlogger Bara Ilham pada saluran youtube Tanboy Kun. Penyajian hasil analisis data dilakukan secara informal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan 42 data tuturan yang merupakan 4 tuturan lokusi, 37 tuturan ilokusi, dan 1 tuturan perlokusi. Tuturan lokusi diucapkan dengan tiga modus tuturan, yakni deklaratif, interogatif, dan imperatif. Tuturan ilokusi diucapkan dengan aktivitas tuturan, serta tuturan perlokusi diucapkan dengan memberikan efek pengaruh kepada mitra tutur untuk melakukan suatu tindakan. Dari ketiga jenis tuturan tersebut, didominasi dengan penggunaan tuturan ekspresif sebanyak 10 tuturan dan 12 tuturan asertif. Dalam masing-masing tuturan terkandung daya pragmatik, yaitu meminta, menyarankan, mengajak, memberitahu, menyatakan, memuji, menyindir, memutuskan, mengeluh, mengingatkan. Daya pragmatik yang sering muncul adalah tuturan ekspresif kategori memuji serta terdapat daya pengaruh yang termasuk ke dalam jenis tuturan perlokusi yang ditandai dengan adanya respon disertai tindakan.


Keywords


speech act; pragmatic power; tanboy kun youtube show

Full Text:

PDF

References


Amalia, Nida. 2018. “Daya Pragmatik Tindak Tutur Pada Wacana Rosi di Kompas TV”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anwar, Saeful. 2013. Daya Perlokusi Di Balik Pernyataan-Pernyataan Jokowi sebagai Kepala Pemerintahan DKI Jakarta”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chaer, Abdul.2014. Sosiolinguistik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Kushartanti, dkk. 2009. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rahardi, Kunjana. 2009. Sosiopragmatik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuliana, Rina, Muhammad Rohmadi, dan Raheni Suhita. 2013. “Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Basasatra. Vol. 2, Nomor 1, April 2013, halaman 5.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i2.16149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang