STRUKTURNOVEL ANAK THE VILAVINA LAND, TAMASYA KE NEGERI PARA PERI KARYA LATIFA NURINA A.

Muhammad Thobroni

Abstract


Fiksi fantasi dapat dipahami sebagai cerita yang menawarkan sesuatu yang sulit diterima. Fiksi fantasi coba menghadirkan sebuah dunia lain di samping dunia realitas. Cerita fantasi dikembangkan melalui imajinasi yang lazim dan dapat diterima sehingga sebagai sebuah cerita dapat diterima oleh pembaca. Dalam cerita fantasi, ada bagian tertentu yang sebenarnya masuk akal, logis, meski dicampuradukkan dengan hal-hal yang kurang masuk akal.

Karya sastra anak yang baik adalah yang dapat mengajak anak-anak sebagai pembacanya ke perziarahan fantasi. Karya sastra anak fantasi, baik cerpen anak maupun novel, berkesempatan untuk mendorong anak-anak memasuki wilayah imajinatif yang ukurannya tak terukur akal pikir sederhana. Karakteristik tugas perkembangan anak berkaitan dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Kerapkali anak memuaskan keingintahuan dengan hal baru dengan menjelajahinya. Anak lebih besar menjelajah jauh dari lingkungan rumah dan tetangga serta menjelajah daerah baru. Misalnya, rumah tua yang tak terpakai, rumah baru yang sedang dibangun, akan membangkitkan minat anak.

Satu novel anak yang mentahbiskan diri sebagai sastra anak bergenre fantasi adalah The Vilavina Land, Bertamasya ke Negeri Para Peri karya Latifa Nurina A. Novel ini memiliki keunikan. Pertama, dia merupakan karya sastra anak yang terbit asli dan perdana dalam edisi Indonesia. Artinya, sebagai sebuah karya sastra anak bergenre fantasi dia menjadi tawaran alternatif di tengah maraknya karya sastra anak bergenre fantasi yang merupakan produk impor, berupa terjemahan sastra anak, baik berbentuk novel, cerpen maupun komik.

 

Kata kunci: sastra anak, fantasi, the vilavina land


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.