KEKERASAN KEPADA ANAK DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK RAHASIA SELMA

Muhajir Muhajir

Abstract


Kekerasan terhadap anak dalam buku cerita pendek Rahasia Selma. Penelitian ini mempelajari buku buku cerita pendek berjudul Rahasia Selma oleh Linda Christanty. Penelitian ini menggunakan literatur. Bagaimana penelitian membaca, merekam, dan meninjau referensi yang berhubungan dengan objek penelitian.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menentukan bentuk kekerasan terhadap anak. (2) Siapa pelaku kekerasan. (3) Penyebab kekerasan. (4) Tempat kekerasan. (5) Cara-cara kekerasan yang dilakukan. (6) dampak dari kekerasan terhadap anak baik tersurat maupun tersirat dalam buku cerita pendek.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak adalah pelecehan seksual, penelantaran, penculikan, dan diskriminasi. (2) Korban Penyalahgunaan adalah orang-orang dekat dengan anak-anak yang tidak terduga dengan orang tua, kakak, adik, dan guru. (3) Penyebab kekerasan orang tua yang tidak peduli kepada anak-anak. Penyebab lainnya adalah budaya patriarki membuat beberapa orang bertindak keluarga jadi pengungsi dan anak yang hidup tidak terpenuhi. Orang tua yang memaksa anak-anaknya untuk laki-laki gembira pilihan orang tua menyebabkan keluarga tidak harmonis buruk kaya untuk anak-anak. Tempat di mana kekerasan yang dilakukan di rumah dan sekolah yang menempatkan seharusnya tempat yang paling aman untuk anak-anak. (5) Beberapa cara kekerasan yang merayu, memberikan imbalan, orang lain dengan kekerasan. (6) Dampak dari kekerasan fisik dan psikologis. Dampak fisik kekerasan adalah kehamilan, mengalami nyeri saat buang air kecil selama berminggu-minggu. Dampak selanjutnya kekerasan psikologis trauma dan tidak suka mata pelajaran tertentu di sekolah.

Kata kunci: kekerasan terhadap anak, budaya patriarki.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.