WORDPRESS DALAM PERKULIAHAN KEPENULISAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Latif Anshori Kurniawan

Abstract


Abstrak

Mata kuliah merupakan salah satu perkuliahan yang jamak tidak mudah bagi mahasiswa, termasuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Ketidakmudahan yang ada bergantung pada beberapa aspek, salah satunya adalah kekurangoptimalan media digital daring yang lebih lekat bagi mahasiswa untuk mendukung proses pemelajaran menulis. Dalam artikel ini, didiskusikan berbagai faktor penunjang dari fungsionalitas perangkat lunak WordPress yang dikenal andal sebagai platform hosting untuk menulis di blog. WordPress bukanlah media sosial, tetapi platform ini lebih diperkaya dengan fitur menulis dan publikasi daring. WordPress dapat diimplementasikan secara luring sebagai bahan belajar dasar, tetapi lebih maksimal ketika didaringkan. Ketika proses pemelajaran menulis dengan WordPress lebih berdaya guna, keterampilan menulis mahasiswa pun dapat lebih dioptimalkan. Dengan demikian, salah satu potensi WordPress dapat menopang kebutuhan mahasiswa dalam menunjang proses belajar menulis mereka dalam perkuliahan kepenulisan.

Kata kunci: keterampilan menulis, WordPress

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v6i1.3705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Jurnal Sasindo didistribusikan di bawah payung Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.