Analisis Aktualisasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 8 Semarang
Abstract
Salah satu sikap yang terus digaungkan dalam kurikulum merdeka ini adalah profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila merupakan nilai karakter dan kompetensi yang harus dibangun dan dipupuk dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Kompetensi tersebut adalah bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergotong royong, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif, berkebhinekaan tunggal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan karakter siswa dalam implementasi nilai-nilai pancasila pada kurikulum merdeka melalui kegiatan P5. Metode dari penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan dan merumuskan ke dalam angka-angka terkait dengan perilaku peserta didik dalam P5 yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang sedang melakukan projek P5. Hasil persentase penelitian nilai bertaqwa kepada Tuhan YME 87,7%; berkebhinekaan global 84,2%; mandiri 84,2%; gotong royong 81,5%; kritis 47,35%; dan kreatif 57,9%. Implementasi profil pelajar pancasila yang terintegrasi pada kurikulum merdeka merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Pendidikan karakter yang senantiasa ditanamkan dalam diri peserta didik harus dimulai dan dipupuk dalam lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Karakter Siswa
Full Text:
PDFReferences
Hamzah, M.R., Mujiwati, Y., Khmadi, I.M., Usman, M.I., & Abidin, M.Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan. 2(04), 553-558. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Juraidan dan Hartoyo, A. (2002). Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 8(2), 105-108. https://dx.doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719
Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learninng Start A Question di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213 - 219. https://doi.org/10.31004/Edukatif,V3i1.284
Mary., Martono., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022) Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6 (5), 7840-7849. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Mistiani, W., Istiyono, E., & Syamsudin, A. (2022). Construction of the Character Assessment Instrument for 21st Century Students in High Schools. European Journal of Educational Research, 11 (2), 935 - 947. https://doi.org/10.12973/eu-er.11.2.938
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (cet.2). Jakarta : Rineka Cipta
Saputra, A., Rochmiyati, S., & Khosiyono, A.H.C. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana dari Botol Plastik Bekas. Jurnal Elementary School. 10 (1), 87-98. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4077
Sudibbya, I.G.N., Arshiniwati, N.M., & Sustiawati, N.L., (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik, 5(2), 25 - 38. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/article/view/19549
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Susilawati, E dan Sarifuddin, S (2021) Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik. 25(2), 155-167. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/897/500
Suwartini, S. 2017. Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan. 4 (1), 220-234. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf
Utomo, Eko Prasetyo. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong dalam Pembelajaran iPS untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 2(3), 95-102. http://dx.doi.org/10.17977/um022v3i22018p095
DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v3i1.14872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)
ISSN 2985-5012
FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 08179503821
Email: [email protected]