PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG

Arthamevia Erlinda

Abstract


Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini terkait peningkatanan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang . Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa melalui layanan bmbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.Jenis penelitian ini kuantitatif dalam bentuk true experimental design dengan desain one group pre-test dan post-test design . Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA 1 Kesatrian Semarang tahun ajaran 2023/2024 . Sampel yang diambil menggunakan purposive random sampling diambil sebanyak 10 siswa untuk grup eksperimen . Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala psikologis kedisiplinan siswa.Hasil perhitungan analisis data pre-test dan post “test dengan nilai skor rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 80,1 menjadi 97,7 setelah dilaksanakannya treatment.Uji paired Sample T-test menunjukkan angka yang disignifikan antara nilai pre-test dan post-test dengan nilai signifikan (2-tailed) p = 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima , yang berarti ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kedisiplinan siswa kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah layanan bimbigan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atheva, Abi. (2007). Perilaku Baik Sehari-hari. Semarang: CV Aneka Ilmu.

Dewa Ketut Sukardi, (2000) manajemen pendidikan jakarta : RajaGrafindo persada

Elly, Rosma. (2016). Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4 Hal. 43-53. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7540/6207

Febriyadi,Dhika Rizqi. (2021).Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah . Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islamiâ€.

Hartinah Sitti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Rafika Asditama.

Marsdudi . (2015) . Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah Edisi Revisi . Cirebon : Nurjati Press.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2009. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : Refika Aditama.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Padang: Ghalia Indonesia.

Prayitno. (2004). Seri Layanan Konseling L1 – L9. Padang: UNP.

Prayitno. (2012). Seri Panduan Layanan Kegiatan dan Pendukung Konseling. Padang: Program Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Prayitno dan Erman Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta: Rhineka Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/

Suradi.(2011). Fakor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas xii jurusan administrasi pekantoran di smk nu 01 kendal tahun pelajaran2012/2013. https://lib.unnes.ac.id/19237/1/710140 8269.pdf. Diakses tanggal 11 November 2019. (sumber rujukn dari website).

Wibowo, Nugroho .(2016). UPaya Peningkatan keaktifan Siswa Melalui Pembelajran berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri ! Saptopsari. . https://journal.uny.ac.id/index.php/%20elinvo/article/viewFile/10621/8996 .Diakses 28 November 2023

Winkel W.S dan M.M Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Winkel dan Sri Hastuti, (2008). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v3i1.18685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 08179503821
Email: [email protected]