Penerapan Konseling Kelompok REBT dengan Teknik Journaling untuk Mereduksi Stres Akademik Mahasiswa

Nabella Salsabila Muti, Devinta Maharani, Eva Dwi Amanda, Siti Nur Azizah, Anggar Putri Erlita Pitriasari, Muhammad Syafiudin

Abstract


Adanya  tuntutan kehidupan dan tanggungjawab akademik menyebabkan mahasiswa rentan mengalami stres akademik. Belum lagi ditambah faktor internal dan eksternal lain yang dimiliki oleh mahasiwa. Buktinya, pada tahun 2019 prevalensi mahasiswa yang mengalami stres di seluruh dunia berkisar antara 38-71% dari tiga penelitian yang dilakukan di Asia (Pakistan, Thailand, dan Malaysia). Sedangkan di Indonesia sendiri prevalensi stres pada mahasiswa menunjukkan bahwa 23,91% partisipan mengalami depresi, 69,74% cemas, 43,17% stres dari tingkat ringan hingga berat, dan 92,25% mengalami kualitas tidur yang buruk. Sehingga sangat diperlukan upaya untuk mengurangi bahkan mencegah munculnya stres yang dapat memicu dampak negatif. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengaplikasian teknik journaling dalam konseling kelompok REBT untuk mereduksi stres akademik pada mahasiwa. Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan data melalui jurnal, artikel, dan sumber lain yang relevan dengan kasus tersebut.


Full Text:

PDF

References


Adriantoni, A., & Kenedi, G. (2022). Manajemen Stress dan Motivasi Belajar Siswa Pada Era Disrupsi. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.56393/melior.v2i1.1206.

Anggirasta Turnip., Wenny Hulukati., Meiske Puluhulawa. (April 2023). Konseling Kelompok Teknik Journaling dan Pengaruhnya Terhadap Self Esteem Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/2101/569

B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59-67. doi:https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641.

F. Hikmawati, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Fuadi, A., Suprapti, F., Pranawukir, I., & Taupiq, T. (2023). Strategi Konseling Individual Untuk Mengatasi Stres Akademik Pada Mahasiswa. Journal on Education, 6(1), 2987-2995. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3341

Hadi, S. (2020). Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan nilai Tafaktur untuk meningkatkann kecerdasan Emosional Remaja Putra Panti Asuhan Darul Ihsan Prambanan Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 10(2), 155-165.

Hasanah, Y. A., & Pratiwi, T. I. (2020). Penerapan konseling kelompok teknik journaling untuk meningkatkan pengelolaan emosi pada peserta didik di SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 11(3), 337-346.

https://etheses.uinsgd.ac.id/31677/1/BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING.pdf

Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan Antara Kesabaran dengan Stres Akademik pada Mahasiswa di Pekanbaru. An-Nafs, 13(01), 21-34. an-nafs,+Journal+editor,+2728-99Z_Article+Text-8353-1-11-20190604+oke.pdf

Kartadinata, S. (2007). Teori Bimbingan dan Konseling. Seri Landasan dan Teori Bimbingan dan Konseling, 1-12. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195003211974121 SUNARYO_KARTADINATA/TEORI_BIMBINGAN_DAN_KONSELING-2.pdf

Komalasari, Gantina et.al. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1-12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20.

Oktisaputri, E. (2021). Visual Art di dalam Konseling dan Teori CBT. Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3936764 or http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3936764

Pastore, Caitlin. (2020). Stress management in college students: why journaling is the most effective technique for this demographic. SUNY College at New Paltz. http://hdl.handle.net/20.500.12648/1512

Pewanti. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok REBT Dengan Teknik Journaling Untuk Mengurangi Kecanduan Pornografi. http://eprintslib.ummgl.ac.id/2413/1/17.0301.0004_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanti, P., Supriyatna, A., & Indiati, I. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok REBT Dengan Teknik Journaling Untuk Mengurangi Kecanduan Pornografi. Borobudur Counseling Review, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.31603/bcr.4976.

Puspito, A. T. (2015). Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rasional Emotif Behavior Therapy (Rebt) untuk Pengembangan Kemampuan Berfikir Positif pada Siswa Kelas VII MTSN Sale Rembang Tahun Ajaran 2014/2015. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 4-11. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2015/11.1.01.01.0368.pdf

Ruswati, R., Marwati, M., & Trihandayani, Y. (2023). Hubungan Tingkat Stress dengan Insomnia Pada Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa Ilmu Kesehatan, 1(3), 135-150. https://doi.org/10.59841/jumkes.v1i3.107.

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91-95. http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386.

Tasadi, Rafsel & Dewi, Yeni Satroma. (2018). Teknik Journaling dalam Konseling. https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1314/1123

Yulian Arifatul Hasanah., Titin Indah Pratiwi. (2020). Journaling untuk Meningkatkan Pengelolaan Emosi pada Peserta Didik Di SMA Negeri 11 Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/33345




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v3i1.18811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 08179503821
Email: [email protected]