Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Plantungan Dipengaruhi Peran Orang Tua

Desi Ria Kusuma

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya peran orang tua terhadap kemandirian belajar siswa di kelas VIII SMP N 1 Plantungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap kemandirian belajar siswa di kelas VIII SMP N 1 Plantungan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP N 1 Plantungan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Pengambilan data dengan menggunakan skala peran orang tua dan kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan rxy product moment.Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan penyesuian diri siswa kelas  VIII SMP N 1 Plantungan. Hal ini ditunjukkan dari hasil statistik dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment memperoleh  Hasil ini dibuktikan dengan uji korelasi product moment, diperoleh nilai korelasi rhitung 0,4506. Sedangkan rtabel untuk jumlah sampel adalah 30 dengan taraf signifikansi 5% didapat sebesar 0,361. Oleh karena itu, rhitung ˃ rtabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara peran orang terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Plantungan. Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin tinggi peran orang tua siswa maka semakin tinggi pula  kemandirian belajar siswa. Saran bagi siswa hendaknya memiliki kemandirian belajar yang baik supaya mencapai hasil yang optimis dan maksimal.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 2009. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Anthonius. 2005. Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: Gramedia

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

_______. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Basri, Hasan. 2004. Remaja Berkualitas. Yogyakarta: Mitra Pustaka

Chabib, Thoha. 1994. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, E. 2008. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.Indonesia.

Hamalik, O. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hurlock, Elizabeth B. 2014. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan

Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Salahudin, A. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : Bumi Aksara.

Soegeng, A.Y. 2006. Dasar-dasar Penelitian (Bidang Sosial, Psikologi dan Pendidikan). Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfa Besu

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional.

Yasmin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Wiyani, N., A., 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zani, A. 2015. Sosiologi Skematika Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v3i1.18921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 08179503821
Email: [email protected]