Analisis Kemampuan Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi

Prastiyono Prastiyono, Ida Dwijayanti Dwijayanti, Sumarno Sumarno

Abstract


Di abad ke 21, siswa dituntut untuk menguasai ketiga kecakapan yaitu kualitas karakter, kompetensi dan literasi. Agar kecakapan tersebut dapat tercapai, diperlukan kemampuan berpikir dan bernalar. Salah satu literasi yang erat kaitannya dengan kemampuan berpikir dan bernalar adalah literasi numerasi. Penelitian ini dilakukan dengan judul: “Kemampuan Siswa SD Kelas IV dalam menyelesaikan soal literasi numerasi”. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Gunem, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dan dilaksanakan mulai dari bulan februari 2024 sampai Mei 2024 di SDN 1 Gunem, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 27 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan 48% siswa berada pada kategori sangat rendah, 0% pada kategori rendah, 26% pada kategori sedang, tinggi 7% dan sangat tinggi 19%, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam menele

Kata kunci: Kemampuan Siswa, Literasi, Numerasi

In the 21st century, students are required to master the three skills, namely the quality of character, competence, and literacy. In order these skills to be achieved, the ability to think and reason is needed. One of  literacy that closely related to the ability to thinks and reason is numeracy literacy. This research was  conducted with the title: "Ability of Class IV Elementary School Students in solving numeracy literacy  questions". This research was conducted at SDN 1 Gunem, Gunem District, Rembang Regency. The aim is to describe students' abilities in solving numeracy literacy problems. This research includes descriptive qualitative research, and it was carried out from Feb 2024 to mey  2024 at SDN 1 Gunem, Gunem District, Rembang Regency. The research subjects were 27 students of class IV. Data were collected through numeracy literacy skills tests and interviews. The results showed that 44% of students were in the very poor category and 26.7% were in the less category, so it can be  concluded that in general the students' ability in solving numeracy literacy questions is still low.

Keywords: Student skill, literacy, numeracy


Full Text:

PDF

References


Ate, D. (2021). Enhancing Primary School Students' Competencies in Step by Step controllable argumentation. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 73-82. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.3532

BPS Dalam Angka. (2020). Provinsi Nusa Tenggara Timur Dalam Angka.

Kupang, BPS Provinsi NTT.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. (U. N. Semarang, Hrsg.) Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(11), 27-35.

doi:http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 232-236. Von http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/11418/81 03 abgerufen

Juanti, S., Karolina, R., & Zhanty, L. S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. (P. I. MS, Hrsg.) Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 239-248. doi:https://DOI 10.22460/jpmi.v4i2.239-248

Koparan, T. (2015). Difficulties in Learning and Teaching Statistics: Teacher Views. (E. T. Francis, Hrsg.) International Journal of Mathematical Education in Science and Tecnhology, 1(46), 94-104.

doi:http://dx.doi.org/10.1080/0020739X.2014.941425

Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(1), 35-42.

Manggala, I. S. (2015). Peningkatan Literasi Matematis dan Self-Esteem Siwa SMP Melalui Pembelajaran Concrete. Universitas Pendidikan Indonesia:repository.upi.edu.

OECD. (2016). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing. OECD. (2018). PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing.

PG Dikdas. (2020). Literasi dan Numerasi adalah Kompetensi yang Bersifat Mendasar. Von http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read- news/literasi-dan-numerasi-adalah-kompetensi-yang berdifat-mendasar. abgerufen

Polya, G. (1957). A New Aspect of Mathematical Method. USA: Princeton University Press.

Sidik, S. G., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SD pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461-470.

Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koenksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2).

Tim Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi.

Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v3i2.19476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing :

    


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

E-ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
Email: [email protected]