PENGARUH CITRA DESTINASI, DAYA TARIK WISATA DAN SARANA PRASARANA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI CIPANAS BUARAN KABUPATEN BREBES

Adi Choerul Umam, Inayah Adi Sari, Novika Wahyuhastuti

Abstract


Adi Choerul Umam “Pengaruh Citra Destinasi, Daya Tarik Wisata dan Sarana Prasarana terhadap Minat Berkunjung Kembali di Cipanas Buaran Kabupaten Brebes”, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2024.

 

Penurunan jumlah pengunjung ke tempat wisata disebabkan oleh daya tarik yang rendah, promosi yang buruk, kondisi sarana prasarana yang buruk, dan kebersihan yang buruk, menurut alasan penelitian ini. Penelitian ini bermaksud agar menemukan citra destinasi (X1), daya tarik wisata (X2), sarana (X3) dan variabel terikat (Y) dari minat berkunjung kembali di Cipanas Buaran, Kabupaten Brebes. Studi ini bersifat kuantitatif dan menerapkan metode asosiatif kausal. Data dikumpulkan melalui kuesiner atau angket. Dalam penelitian ini, responden adalah wisatawan yang pernah mengunjungi Cipanas Buaran Kabupaten Brebes, dan sampelnya berjumlah 100 orang. Data diolah menggunakan SPSS 22.

 

Penemuan penelitian memaparkan bila: (1) citra destinasi mempunyai dampak signifikan positif pada keinginan mengunjungi kembali ke Cipanas Buaran Kabupaten Brebes, (2) daya tarik wisata mempunyai dampak signifikan positif pada minat mengunjungi kembali ke Cipanas Buaran Kabupaten Brebes, (3) sarana dan prasarana mempunyai dampak positif dan signifikan pada keinginan mengunjungi kembali ke Cipanas Buaran Kabupaten Brebes, dan (4) ada pengaruh positif dan signifikan pada minat berkunjung kembali ke Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa citra destinasi, daya tarik wisata, dan sarana prasarana berpengaruh sebesar 37,9% pada keinginan mengunjungi kembali.


Full Text:

PDF

References


Fadoli, M. A. (2024). Pengaruh Citra Destinasi, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan (Studi Kasus Pada Wisatawan D’las Serang Purbalingga).

Kumala, D. N. T., Sidanti, H., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Daya Tarik, Aksesibilitas, Dan Harga Tiket Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Masyarakat Madiun Yang Pernah Berkunjung Ke Tempat Wisata Telaga Ngebel). Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5.

Mandić, A., Mrnjavac, Ž., & Kordić, L. (2018). Tourism Infrastructure, Recreational Facilities And Tourism Development. Tourism And Hospitality Management, 24(1), 41–62.

Maria, A. D., Octafian, R., Palupiningtyas, D., Sunarko, I. H., Winata, M. A., & Sidabutar, P. E. E. (2024). Pengaruh Kepuasan Wisatawan Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Kota Lama Semarang. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(1), 31–38.

Rini, R. O. P., & Wibowo, A. E. (2022). Analisis Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Wisatawan Berdampak Kepada Minat Berkunjung Kembali Ke Jembatan Barelang. Jurnal Mata Pariwisata, 1(1), 23–29.

Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734.

Sari, S. N., & De Fretes, M. D. (2021). Pengembangan Pariwisata Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi Masyarakat Di Pulau Pari Kepulauan Seribu. Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 2(2), 6–12.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research And Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra.

Sumiyarsih, S., & Prihatnawan, A. B. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Desa Wisata Di Kawasan Balkondes Borobudur). Jurnal Nusa Manajemen, 1(1), 81–93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.