Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah, Kedisiplinan Belajar, Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xii Smk Nusa Bhakti Semarang

Ihza Juang Priambodo, David Firna Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh lingkungan fisik sekolah, kedisiplinan belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Nusa Bhakti Semarang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 115 siswa kelas XII jurusan Akuntansi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, studi dokumentasi, kuesioner, dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data mencakup analisis deskriptif, korelasi Pearson, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif signifikan dari lingkungan fisik sekolah, kedisiplinan belajar, maupun minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Secara spesifik, lingkungan fisik sekolah tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Begitu juga dengan kedisiplinan belajar dan minat belajar, meskipun keduanya memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan secara statistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan dalam manajemen lingkungan fisik sekolah, penguatan disiplin belajar, dan peningkatan minat belajar siswa untuk memperbaiki hasil belajar mereka. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan studi lebih mendalam untuk memahami faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil belajar siswa secara lebih mendetail.

Full Text:

PDF

References


Eliana Sari. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan. Implementasi Teori Manajemen Pendidikan Pada Pengelolaan Lingkungan Sekolah Berkelanjutan. Jakarta: Uwais Press.

Fitriana, R. (2020). KEMAMPUAN INTRPRESTASI MAKNA DALAM TEKS BACAAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA. Sebatik, 24(1).

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.30738/Sosio.V4i1.1477

Kurniawan, A., Yushardi, Susiati, A., Kurnianto, F. A., & Pangastuti, E. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 186.

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5564696

Sirait, Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Sasmita, D. A., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020). Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 2990–2997.

https://jptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/download/7841/3690/55597


Refbacks

  • There are currently no refbacks.