Penerapan Pendekatan Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 8 di SMP Kesatrian 1 Semarang
Abstract
Riset ini menganalisis pengaruh pembelajaran gaya jongkok pada lompat jauh dengan metode permainan lompat tali. Metode penelitian ini menggunakan desain dengan menggunakan Quasy Experiment designs. Total sampling digunakan untuk menentukan sampel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes seperti tes afektif, kognitif, dan psikomotor guna mengukur hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Analisa data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan kelompok kontrol menunjukan t hitung sebesar 8,129 > 2,000 serta probabilitas 0,000 < 0,05. Pada kelompok perlakuan pendekatan permainan tradisional yaitu permainan lompat tali menunjukan hitung sebesar 12,197 lebih dari t tabel sebesar 2,000 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dilihat dari nilai statistik, kelompok perlakuan lebih signifikan pengaruhnya karena t hitung sebesar 12,197 > 2,000 serta nilai probabilitas 0,001 < 0,00. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis secara keseluruhan data rerata pretest dan posttest antara kedua kelompok kontrol dan eksperimen menunjukan rerata yang paling besar pengaruhnya adalah kelompok eksperimen dengan nilai 13,7 %. Kesimpulanya terdapat peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menerapkan pendekatan permainan tradisional yaitu permainan lompat tali pada siswa SMP Kesatrian 1 Semarang. Permainan lompat tali memiliki pengaruh sebesar 13,7% pada pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa SMP Kesatrian 1 Semarang.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, W., Iyakrus, I., & Giartama, G. (2020). PENGARUH LATIHAN JUMP TO BOX TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA SMP NEGERI 52 PALEMBANG. Sriwijaya University.
Festiawan, R. (2020). PENDEKATAN TEKNIK DAN TAKTIK: PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2).
Maesih, M. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Olahraga Di SMA Penyelenggara Kelas Khusus Olahraga (KKO) Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(11), 1–12.
Natal, Y. R., & Bate, N. (2020). Manajemen Pengelolaan Sarana Dan Prasarana PJOK. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 70–82. https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12879
Prasetya, R. P., & Sudarso. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SMA Se-Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 157–160.
Pratama, D. S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Materi Sepak Takraw Dengan Metode Tgt (Teams Games Tournaments) dan Recyprocal Style. Jendela Olahraga, 3(2), 78–84. https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2514
Putro, D. (2018). Pendekatan Kreatif Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Dan Gaya Hidup Sehat. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), 16–23. jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika
Ranti, S., Maidarman, M., Hermanzoni, H., & Mardela, R. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Jurnal Patriot, 2(4), 1019–1035.
Saraswati, H., Wiyanto, A., & Zhannisa, U. H. (2021). Tingkat Keaktifan Guru Penjas Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP/MTS Se-Kecamatan Tanggungharjo. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 70–82. https://doi.org/10.53869/jpdm.v1i2.164
Suryansah, S., Dinata, K., & Daniyantara, D. (2019). Model Pengembangan Permainan Peresean Dalam Meningkatkan Minat Olahraga Tradisional Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Praya Timur. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 27–42. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.519
Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter pada Siswa SD Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183–193.
Yono, T., & Sodikin, F. A. (2020). Modifikasi Bola Plastik sebagai Media Pembelajaran Bola Voli. Jurnal Sparta, 2(2), 26–31. https://doi.org/10.35438/sparta.v2i2.170
Refbacks
- There are currently no refbacks.