Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang didukung dengan data kuantitatif (campuran). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes yang berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi. Penyajian hasil analisis data dilakukan secara formal dan informal. Hasil penerapan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran model Project Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran teks prosedur pada peserta kelas VII SMPN 3 Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini didukung dari hasil pretest sebesar 70,35 mengalami peningkatan ke hasil posttest sebesar 92,5. Selain itu, hasil wawancara dan angket menunjukkan bahwa peserta didik mampu meningkatkan kerja sama antarsesama peserta didik, sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih kondusif. Model tersebut dapat membangkitkan kreativitas peserta didik dalam menulis teks prosedur, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan mampu membuat teks prosedur menjadi lebih baik lagi. Hasil observasi juga menunjukkan peserta didik aktif dan antusias selama pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: model Project Based Learning, penerapan, teks prosedur
References
Astriningsih, Vina. 2021. “Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Resensi pada Peserta Didik Kelas XI MAN Demak Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Creswell, John W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haerullah, Ade dan Said Hasan. 2017. Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: CV Lintas Nalar.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. “Kurikulum Merdeka”. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka. Diakses pada 21 Oktober 2022.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
______. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ngatmini, dkk. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Pranata, dkk. 2022. “Perwujudan Etika Islam dalam Bermedia Sosial Melalui Karya Jurnal Ilmiah Siswa Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Al Islam 1 Surakarta”. Jurnal. Surakarta: SMA Al Islam 1 Surakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutopo, H.B.. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Tarigan, Henry Guntur. 2021. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: penerbit Angkasa
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v8i1.15557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.