Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

 

Pengantar

Jurnal TEKS menerima hasil karya ilmiah bahasa, sastra, dan pengajaran yang dihasilkan dari sebuah penelitian, baik penelitian kelembagaan maupun individu yang dilakukan oleh guru, dosen, mahasiswa dengan penelitian tugas akhir, mahasiswa pascasarjana, maupun masyarakat umum yang melakukan penelitian. artikel bukan merupakan karya ilmiah yang telah dipublikasikan dimanapun atau sedang dalam proses publikasi di jurnal manapun atau media publikasi lainnya. artikel dapat berbahasa Indonesia dan atau berbahasa Inggris. jurnal TEKS telah terbit sejak Tahun 2016 dengan dua edisi dalam setahun, JULI dan DESEMBER

TEKS encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education, including:

  1. Language Teaching
  2. Language and Linguistics
  3. Morphology
  4. Phonology
  5. Syntax
  6. Semantics
  7. Pragmatics
  8. Discourse Analysis
  9. Critical Discourse Analysis
  10. Socio-linguistics
  11. Pedagogic
  12. Literature
  13. education
  14. culture

Tata aturan penulisan

1. Artikel harus berdasarkan hasil atau bagian dari penelitian bidang kesastraan, kebahasaan, atau pengajaran bahasa dan sastra, dan belum pernah dimuat pada jurnal lain. naskah diketik dengan program Microsoft Word, 1,5 spasi, sepanjang 15-20 halaman. naskah diupload melalui laman jurnal http://journal.upgris.ac.id/index.php/teks dengan registrasi terlebih dahulu. dan dapat meneruskan informasi dengan mengirimkan naskah berupa soft file ke e-mail: jurnal.teks@gmail.com

2. Nama penulis artikel tanpa gelar akademik ditempatkan di bawah judul artikel, di bagian bawah nama ditulis nama lembaga asal penulis dan alamat korespondensi (e-mail dan nomor HP). Jika naskah ditulis oleh tim, semua anggota tim harus ditulis, tetapi penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya diurutan pertama.

3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar dengan format esai. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, sedang subjudul ditulis mulai margin kiri lurus tanpa menggunakan angka penomoran. Sub-subjudul dibedakan peringkat hurufnya dan dicetak tebal miring.

4. Artikel ditulis dengan sistematika sebagai berikut: judul, nama penulis, alamat lembaga, dan korespondensi (e-mail); abstrak (100-120) kata; berisi tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan utama); kata kunci; pendahuluan (berisi masalah penelitian, situasi ilmiah dewasa ini, dapat mengacu pustaka yang menjadi landasan penelitian); metode; hasil dan pembahasan (diperkuat teori atau temuan penelitian yang relevan); simpulan; hasil simpulan dilengkapi dengan persantunan (ucapan terima kasih); daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

5. Sumber rujukan merupakan pustaka terbitan mutakhir dan diutamakan pustaka primer (artikel penelitian dalam jurnal/majalah ilmiah atau laporan penelitian termasuk tesis dan disertasi).

6. Perujukan/pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung dan untuk kutipan langsung disertai penyebutan halaman, contoh:... (Harjito,2008:48).

7. Daftar pustaka disusun secara alfabetis dan kronologis dengan urutan dan contoh sebagai berikut. atau dapat didukung aplikasi tertentu untuk melakukan citasi dengan tepat.

* Buku: nama penulis (jika nama lebih dari satu kata, diambil entri terakhir) , tahun, judul buku, (cetak miring), kota penerbit, penerbit.

* Artikel Jurnal: nama penulis, tahun, judul artikel (diapit tanda kutip), nama jurnal, volume/nomor, halaman.

*Internet: nama penulis, tahun, judul tulisan (cetak miring), situs, tanggal pengaksesan.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel ilmiah yang dikirimkan belum pernah sama sekali diajukan pada jurnal lain atau sedang dalam proses editorial atau penerbitan di jurnal lain.
  2. Daftar pustakan dalam artikel merupakan daftar pustaka yang dipergunakan dalam teks artikel dan telah melakukan citasi dengan tepat
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.