KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PENGGUNAAN HURUF KAPITAL PADA TEKS DI KEBUMEN

Triaji Qowim Mansur; Djariyo; Mudzanatun

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis dilakukan dengan metode Grouned Theory (GT) secara sistematis dan intensif. Rumusan masalah penelitian adalah terkait dengan kesalahan penerapan ejaan huruf kapital pada laporan pengamatan siswa sekolah dasar di Wonoharjo Kebumen. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penerapan ejaan huruf kapital pada laporan pengamatan siswa kelas V SDN 2 Wonoharjo Kebumen. Kesimpulan dari hasil analisis kesalahan penerapan ejaan pada laporan pengamatan siswa adalah banyak ditemukan siswa yang belum mengerti dan memahami penggunaan huruf kapital dengan tepat, khususnya dalam menuliskan teks laporan. Kesalahan penerapan ejaan huruf kapital pada laporan pengamatan siswa kelas V SDN 2 Wonoharjo Kebumen paling banyak dijumpai pada kesalahan penggunaan huruf kapital di awal kalimat. Sebagian kesalahan penulisan huruf kapital untuk penulisan huruf pertama Nama tahun, bulan, hari dan penggunaan huruf kapital pada huruf pertama Nama geografi. Sedangkan untuk kesalahan penulisan huruf kapital pada penggunaan penulisan lembaga dan hubungan kekerabatan hanya ada beberapa saja.


Keywords


Key words: capital, report, Kebumen, primary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






ISSN   : 2461-0011

e-ISSN: 2461-0283

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana UPGRIS