PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MEDIA STIK ES KRIM BERBANTU NHT PADA SISWA KELAS II SDN TAMBAKREJO 01

Tulus Adi Putra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan melalui media stik es krim berbantu NHT pada siswa kelas II SDN Tambakrejo 01. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Alat pengumpul data menggunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media stik es krim berbantu NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN Tambakrejo 01 Semarang.


Keywords


hasil belajar, penjumlahan, pengurangan, number head together, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Agusmiati, S., & Frasandy, R. N. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Alat Permainan Kelereng Dengan Stik Es Krim Dalam Pembelajaran Matematika Kelas III di SD Negeri 34 Kabupaten Seluma.Tarbiyayah al-Awlad, XI, 27–35

Harmanto, M. I. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas II SD dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan cacah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–6. Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.

Liberna. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 98–108. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/988/685

Ma’rifah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SGJPSSH), 10(3), 289–299 http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3608/2129

Mimpin, N. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 376–382. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49527

Mustakim. (2020). Jurnal Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, II(1), 1–12.

Rosita, F. (2020). Ensiklopedia Matematika. Yatagan Publiser.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika, dalam MES (Journal of Mathematics Education and Science). CV. Rajawali.

Wulandari & Indrawati 2021 Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Di Kelas V SDN 27 Anak Air Padang. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.18891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 tulus adi putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.