PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MEDIA STIK ES KRIM BERBANTU NHT PADA SISWA KELAS II SDN TAMBAKREJO 01
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan melalui media stik es krim berbantu NHT pada siswa kelas II SDN Tambakrejo 01. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Alat pengumpul data menggunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media stik es krim berbantu NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN Tambakrejo 01 Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusmiati, S., & Frasandy, R. N. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang
Menggunakan Alat Permainan Kelereng Dengan Stik Es Krim Dalam
Pembelajaran Matematika Kelas III di SD Negeri 34 Kabupaten Seluma.
Tarbiyayah al-Awlad, XI, 27–35
Harmanto, M. I. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas II SD dalam
menyelesaikan soal operasi hitung bilangan cacah. Universitas
Muhammadiyah Sidoarjo, 1–6.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan,
(6), 1139–1148.
Liberna. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap
Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta.
Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 98–108.
http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/988/685
Ma’rifah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui
Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SGJPSSH), 10(3), 289–299.
http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3608/2129
Mimpin, N. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of
Education Action Research, 6(3), 376–382.
https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49527
Mustakim. (2020). Jurnal Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media
Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Journal
of Islamic Education, II(1), 1–12.
Rosita, F. (2020). Ensiklopedia Matematika. Yatagan Publiser.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran
Matematika, dalam MES (Journal of Mathematics Education and Science).
CV. Rajawali.
Wulandari & Indrawati 2021 Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking
Stick Di Kelas V SDN 27 Anak Air Padang. Journal of Basic Education
Studies, 4(1), 1–10
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.18891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 tulus adi putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â