KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SD NEGERI GADU 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk keefektifan model pembelajaran project based learning pada materi pecahan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD Negeri Gadu 01. Desain penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Desigens bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis uji t berpasangan yang dilakukan terlihat bahwa pada hasil pretest dan posttest menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) materi pecahan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa efektif. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) materi pecahan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dilakukan uji N Gain. Dari hasil uji N Gain didapatkan hasil skor N-Gain pretest dan posttest 0,7361. Sehingga keefektifan memiliki kriteria yang tinggi dan presentase keefektifan cukup efektif dengan skor presentase 73,61. Kesimpulannya model pembelajaran project based learning pada materi pecahan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi efektif terhadap siswa kelas IV SD Negeri Gadu 01.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, R., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan model Project-Based Learning berbasis GQM terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).
Fajriyah, Khusnul, and Ferina Agustini. "Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Pilot Project Kurikulum 2013 di Kota Semarang." Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar 8.1 (2017).
Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2016). Keefektifan model pembelajaran pjbl (project based learning) terhadap kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas xi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2).
Nugraheni, Denik. "Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Pecahan Siswa Kelas Iii Sd NI Mento Wonogiri." (2012).
Puspitasari, M. (2014). Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Course Review Horray Terhadap Kemampuan Berhitung Pecahan Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Ngurah Rai Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.
Rani, P. R., Lestari, A., Mutmainah, F., Ishak, K. A., Delima, R., Siregar, P. S., & Marta, E. (2021). Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 264-270.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Wijianto, B. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTU MEDIA MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI WATES 02 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Zain'Abidah, R. Hubungan antara konsep diri dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge materi pecahan pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(1).
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.18896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Umdatun Niswah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â