PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DAN KARTU HURUF DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS 3 SD NEGERI TENGKI 01 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES
Abstract
Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan siswa dalam belajar, dilihat dari hal yang terkecil seperti, sarana dan prasarana sekolah yang tidak memadai. Hal lain yang sering dihadapi guru-guru yaitu metode yang digunakan tidak sesuai. Seperti halnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang kebanyakan siswa meremehkanya, padahal ilmu bahasa itu selalu berkembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media papan flanel dan kartu huruf dalam proses pembelajaran. 2) Bagaimana kelayakan media papan flanel dan kartu huruf dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif Deskriptif. Sesuai dengan hasil angket respon siswa terhadap kelayakan media papan flannel dan kartu huruf menunjukkan bahwa persentase respon siswa SD Negeri Tengki 01 diperoleh skor 84,34% dan dikatakan sangat layak sebagai media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran papan flannel dan kartu huruf mendapatkan respon positif dari siswa, sehingga media pembelajaran papan flanel dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Farida, Rahim. 2008. Pengajaran membaca di Sekolah. Jakarta
Fadila A. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Huruf Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 56/Ix Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Jambi.
Sri Enggar Kencana Dewi, Ratih Purnama Pertiwi. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD/MI dengan Metode Iqro di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Purwodadi Belitang Mulya OKU Timur. Purwodadi. STKIP Nurul Huda Sukaraja
Taseman, dkk. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. Surabaya
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.18941
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fani Dwi Nurani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSNÂ 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Â