ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI 1 SAMBONGSARI KABUPATEN KENDAL

Naufal Lathif Muhammad, Ikha Listyarini, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis karangan sederhana pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menulis pada siswa kelas III SD Negeri 1 Sambongsari. Penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis sebua karangan sederhana melalui pembalajaran Bahasa Indonesia kurang memahami mengenai tanda baca, pemahaman, penulisan huruf kapital dan membuat paragraf dengan benar. Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa sangatlah besar tertama pada saat COVID-19 dan memaksa siswa harus belajar dari rumah atau belajar online. Kurangnya kemampuan siswa dalam hal menulis dipengaruhi oleh beberapa faktor internal keluarga yang kurang mengajarkan dalam hal menulis dan efek covid-19 yang menyebabkan anak malas belajar. Faktor kurikulum sekolah yang kurang memperhatikan siswanya secara detail apakah siswa kurang dalam hal menulis belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 1 Sambongsari kurang memami mengenai tanda baca, pemahaman dan penulisan sebuah paragraf.


Keywords


Menulis, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. D., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education, 3(1), 35-40

Anwar. (2011). Metode Penelitian. Salemba empat: Gudang Penerbit.

Asfari, A. I., Nuraeni, Y., & Yenni, Y. (2022). Analisis Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gondrong 2 Kota Tangerang. AS-SABIQUN, 4(4), 1058-1075.

Astuti, Tri. (2015).Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Edukasi. UNIB.

Asumbi, K. K. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Alam Sekitar Pada Siswa Kelas III SD Katolik 2 Nulion Kecamatan Totikum Selatan. Jurnal Kreatif Online, 2(3).

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmalaksana, W. (2020b). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32620/

Farhana, Y., Anwar, M., & Kurniati, W. Card Sort Dalam Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman.

Hasmira, H. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47-56.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Penerbit Lakeisha.

Helda, T., Fitri, R., & Yusandra, T. F. (2020). Hubungan Penguasaan Kosakata Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Keterampilan Menulis Jenis-Jenis

Ibrahim, N. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Depok: Uhamka Perss. untuk SD. Bekasi: Media maxima.

Karangan. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 164-170.

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD. Bekasi: Media maxima.

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia

Marlina, E., Hilmiyati, F., & Farhurohman, O. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Concept Sentence. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 8(1), 11-20.

Moidady, N. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing. Jurnal Kreatif Online, 2(2).

Natalita, R. K., & Situngkir, N. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(1), 18-25.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam menulis teks berita. Jurnal Bahasa dan sastra, 3(4).

Sabri, T. PENGARUH PENERAPAN METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(7).

Saryono. D.,Soedjito. (2020). Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sholati, M., Nurpratiwiningsih, L., & Setiyoko, D. T. (2022). Analisis Ketrampilan Menulis Karangan Sederhana Peserta Didik Kelas III SD Negeri Klampok 06. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 582-589.

Tabelessy, N. (2019). Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa SMP. Jurnal Tahuri, 16(2), 35-46.

Tarigan, B., & Florensia, T. (2018). Efektivitas Model Treffinger Terhadap Kemampuan Menulis Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolangit Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Tanjung, D. S., Sembiring, R. K., & Habeahan, D. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di Sekolah Dasar Medan. School Education Journal PGSD Fip Unimed, 12(3).

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360-7367.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Naufal Lathif Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.