PENGEMBANGAN MEDIA OLI CERNA DENGAN MODEL STAD PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VB SDN KALIBANTENG KIDUL 03 SEMARANG

Dian Santosa Antaka Wibawa, Mira Azizah, Khusnul Fajriyah

Abstract


Pembelajaran IPAS merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan di setiap jenjang pendidikan. Berdasarkan data observasi, wawancara, dan hasil belajar diperoleh informasi bahwa pembelajaran IPAS di kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 03 belum optimal. Penggunaan media pembelajaran terbatas pada gambar yang terdapat di buku ajar sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar IPAS menjadi rendah. Solusinya perlu dikembangkan media inovatif yaitu oli cerna dengan model STAD pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Sampelnya adalah siswa kelas VB dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes serta dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji-t, uji gain dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan oli cerna dengan model STAD layak digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi 90% dan komponen penyajian 100%. Nilai t hitung sebesar -5,570 dan gain sebesar 0,42 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian adalah media oli cerna dengan model STAD efektif digunakan pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan. Saran penelitian hendaknya konten kartu soal media oli cerna dengan model STAD lebih disempurnakan.


Keywords


Media oli cerna; STAD; IPAS

Full Text:

PDF

References


Afni, N., & Rokhimawan, M. A. 2018. Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam. Vol. 10 (1), 47-68.

Alma, Hana & Ima. 2023. Pengembangan Medıa Pembelajaran MONUZA Pada Materı IPA Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Elementaria Edukasia. Vol. 6 (1), 117-130.

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. No. 008/H/KR/2022

Kumala. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.

Risma, Agustinus, dkk. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Tema Ekosistem untuk Siswa Sekolah Dasarâ€. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol.3 (2), 92-100.

Sadiman, Arief, S. 2014. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnnya). Jakarta: Rajawali Pers.

Sihotang. 2022. “Penerapan Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDâ€. Prosiding SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin. Vol. 2 (1), 60-67.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. 2021. Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suyanto dan Asep J. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Syahrul, R. M. (2019). Skor PISA Indonesia Merosot. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GNIYIy9bskor-pisaindonesia-merosot. 15 Desember 2023.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S. dkk. 2008a. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dian Santosa Antaka Wibawa, Mira Azizah, Khusnul Fajriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â