PENGEMBANGAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI KAJAR 01 PATI

Yuyuk Yusantika, Sunan Baedowi, Aries Tika Damayani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan, kelayakan, dan kevalidan media Dakota pada muatan  pelajaran  matematika  materi  KPK  dan  FPB  kelas  V  SDN  Kajar  01  Pati.  Metode  penelitian menggunakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) menurut Borg and Gall (Sugiyono 2016:298) yang berorientasi pada produk. Langkah penelitian hanya sampai tahap 6, yaitu potensi  dan  masalah,  pengumpulan  data,  desain  produk,  validasi  desain,  revisi  desain,  dan  uji  coba produk.  Hasil  wawancara  guru  kelas  dan  angket  kebutuhan  peserta  didik  bahwa  tidak  adanya penggunaan  media  pembelajaran  pada  materi  FPB  dan  KPK.  Penggunaan  metode  ceramah  masih digunakan selama proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dan kurang antusias selama proses pembelajaran. Akibatnya, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam  memecahkan  masalah  pada  materi  FPB  dan  KPK.  Pada  penelitian  uji  coba  di  lapangan memperoleh  persentase  validasi  ahli  materi  95,58%  dan  ahli  media  88,75%.  Sedangkan  analisis presentase  respon  peserta  didik  sebesar  100%  dan  analisis  presentase  respon  guru  sebesar  89,6%. Berdasarkan penilaian evaluasi pembelajaran penggunaan media pembelajaran media Dakota mampu meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik dengan mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran  (KKTP)  dengan  nilai  rata-rata  adalah  87,25.  Dapat  disimpulkan  bahwa  media pembelajaran Dakota valid dan praktis untuk digunakan.

Keywords


media dakota, pembelajaran matematika, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Afit Istiandaru, M. F. (2022). Buku Panduan Guru Matematika untuk SD/MI Kelas V. Pusat Perbukuan Kompleks Kemdikbudristek Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Amir, Zubaidah. "Psikologi pembelajaran matematika." (2015).

A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang, S. N. (2021). Media Pembelajaran. Jl. Bojong genteng Nomor 18, Kec. Bojong genteng Kab. Sukabumi, Jawa Barat 43353: CV Jejak, anggota IKAPI.

Edi, F. R. S. (2016). teori wawancara Psikodignostik. Penerbit LeutikaPrio.

Fandini, P., Sulatani, S., & Susanto, D. (2018). Layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMA PGRI 2 Banjarmasin tahun ajaran2017/2018. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 13-20.

Madhopi. (2020). Menentukan KPK Dan FPB Secara Bersamaan Dengan Kos-Kosan. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 1528 – 1532.

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.

Monica, R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA DAKON BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP FPB DAN KPK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Universitas Jambi.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.

Nasional, Indonesia Departemen Pendidikan. "Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional." (2003).

Nurjannah, F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODIFIKASI STACKO MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDN WIYORO (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 86-100.

Purwasih, Silviana Maya. "Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK." Jurnal Pendidikan Matematika 11.1 (2020): 126-133.

Purwasih, Silviana Maya. "Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK." Jurnal Pendidikan Matematika 11.1 (2020): 126-133.

Putra, Rico Baskara. "Pengembangan Media Dakon Pembelajaran KPK Dan FPB Matematika (Dalekmatika) Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar." Universitas Negeri Yogyakarta. BASIC EDUCATION 10.3 (2021): 316-328.

ROMADONIYATI RUHHAIDAH WELLIANSYAH. "ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA VIDEO IKLAN PINJAMAN ONLINE DI YOUTUBE SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XII SMK." UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG (2023):6-24.

Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif.

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-1166.

Setiadi Zulfa. (2019). PENGARUH MODEL TGT MEDIA DAKONMATIKA MATERI FPB & KPK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD N 01 CANDI SEMARANG. Universitas PGRI Semarang.

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan & Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Dikota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).

Sugiyono, P. D. (2015). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/R&D. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Jl. Gegerkalong Hilir No.84 Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2016). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/R&D. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: Alfabeta.

Tosho, T. G. (2021). Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas V Volume 1. Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Komplek Kemdikbudristek.

Zakiah Ulfiah, A. P., Cahyani, S. K., & Nurazizah, T. S. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 3928-3936.




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yuyuk Yusantika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â