LAGU MATEMATIKA SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DI KELAS III SD KANISIUS HARJOSARI UNTUK MATERI PENGENALAN BANGUN RUANG

Bhetsaida Jusega Laberginsa, Ervina Eka Subekti, Muhammad Yusuf Setia Wardana

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan media lagu matematika menjadi media peningkatan motivasi siswa. Penelitian ini terfokus pada proses pembelajaran menggunakan media lagu matematika sebagai peningkatan motivasi siswa di kelas III SD Kanisius Harjosari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana lagu matematika bisa menjadi media peningkatan siswa kelas 3 untuk materi pengenalan bangun ruang? Metode Penelitian ini adalah kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Kanisius Harjosari. Subjek penelitian meliputi siswa kelas III, dan guru wali kelas III SD Kanisius Harjosari. Validitas data dilakukan dengan triangulasi untuk membuktikan keabsahan data yang diperoleh. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap Data Reduction ( Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ verification (Penarikan kesimpulan/ verifikasi).  Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan lagu matematika sebagai media belajar di kelas 3 SD Kanisius Harjosari terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran menggunakan media lagu matematika meliputi: 1) Sekolah perlu menyediakan fasilitas yang terdapat di lingkungan sekolah lebih lengkap. 2) Mengkondusifkan peserta didik dalam pembelajaran yang berlangsung. Saran dalam penelitian ini diantaranya yaitu: Bagi kementrian Pendidikan dan Kebudayaan baiknya mengembangkan dan mendistribusikan sumber daya pembelajaran yang inovatif dan kreatif karena ini dapat membantu sekolah dan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Selain itu guru juga perlu berinovasi dan menggunakan metode pembelajaran yang kreatif untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.


Keywords


Lagu Matematika; Media Pembelajaran; Motivasi Siswa

Full Text:

PDF

References


Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:191948026

Mudyahardjo, R. (2014). Pengantar Pendidikan : Sebuah Studi Awal Tentang Dasar - Dasar Pendidikan Pada Umunya dan Pendidikan Indonesia (Edisi ceta).

Purwanto, S. (2011). Pengembangan lagu model sebagai media pendidikan karakter bagi anak usia dini. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v5i1.19488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bhetsaida Jusega Laberginsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Â